Dinamika Agen Travel Haji dan Umrah, Menjaga Kepercayaan dan Nilai Ibadah

La Ode Manarfa Nafsahu, telisik indonesia
Rabu, 03 April 2024
0 dilihat
Dinamika Agen Travel Haji dan Umrah, Menjaga Kepercayaan dan Nilai Ibadah
Dokumentasi jemaah umrah Almukarramah Muslim Tour Umrah dan Haji. Foto: Ist.

" Bisnis perjalanan haji dan umrah melibatkan berbagai tahapan, mulai dari akad dengan pelanggan hingga persiapan akomodasi dan keberangkatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Berbicara tentang bisnis travel haji dan umrah, Ustaz Syariful dari Agen Travel Almukarramah menyoroti dinamika proses yang tak terlepas dari keutamaan ibadah haji dan umrah.

Kepada Telisik.id dia menjelaskan bahwa proses bisnis ini melibatkan berbagai tahapan, mulai dari akad dengan pelanggan hingga persiapan akomodasi dan keberangkatan.

Namun, dinamika tersebut juga membawa tantangan tersendiri bagi pihak travel. Salah satunya adalah ketika pelanggan meminta penjadwalan ulang yang tidak sesuai dengan persiapan yang telah dilakukan. Hal ini bisa menjadi kendala bagi agen dalam memastikan semua persiapan tetap berjalan lancar.

Kendala lainnya adalah menyesuaikan waktu dengan jadwal penerbangan, yang seringkali berubah dan memaksa penyesuaian dalam jadwal keberangkatan. Terkadang, hal ini juga memengaruhi akad yang telah disepakati sebelumnya.

Baca Juga: Kesatuan Tour Travel Haji dan Umrah Pertama di Sulawesi Tenggara, Antisipasi Travel Nakal

Masalah lain yang dihadapi adalah pembatalan booking hotel secara sepihak oleh pihak hotel, yang dapat mengganggu persiapan dan kenyamanan jemaah. Hal ini memaksa pihak agen travel untuk mencari alternatif penginapan yang sesuai dengan jumlah jemaah yang akan menginap.

"Kadang kita sudah booking hotel jauh-jauh hari, eh tiba-tiba di-cancel karena ada yang nawar lebih tinggi," ungkap Ustaz Syariful saat ditemui di Masjid Al-Iqro Lorong Al-Iqro Jalan Sorumba, Kota Kendari, Selasa (2/4/2024) malam.

Baca Juga: Ini Tips Hindari Penipuan Travel Umrah

Meskipun dihadapkan pada berbagai tantangan, Ustaz Syariful menegaskan bahwa hingga saat ini, selama ia menjadi agen travel haji dan umrah, belum pernah mengalami kegagalan dalam menjaga kepercayaan pelanggan. Namun demikian, ia juga mengakui bahwa menjaga spirit ibadah bukanlah tugas yang mudah, terutama ketika terjadi masalah yang di luar kendali agen travel.

Mengomentari dinamika ini, konsultan dan praktisi jasa travel haji dan umrah, Ustaz Salam, menekankan pentingnya menjaga marwah perjalanan ibadah haji dan umrah dari segala larangan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Ia menyoroti pentingnya agar bisnis travel haji dan umrah tidak semata berorientasi pada profit, tetapi juga memperhatikan syariat Islam.

"Kepercayaan masyarakat terhadap travel haji dan umrah harus dijaga, agar perjalanan spiritual ini tak ternodai oleh perbuatan yang melanggar perintah Allah SWT," tegasnya. (B)

Penulis : La Ode Manarfa Nafsahu

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga