Dinas Kebakaran Tangkap Ular Phyton di Rumah Warga Lepo-Lepo

Sumarlin, telisik indonesia
Jumat, 14 Mei 2021
0 dilihat
Dinas Kebakaran Tangkap Ular Phyton di Rumah Warga Lepo-Lepo
Tim rescue Dinas Kebakaran Kota Kendari berhasil menangkap seekor ular phyton di rumah warga di Kelurahan Lepo-lepo. Foto: Ist.

" Warga yang tengah disibukan dengan aktivitas lebaran tidak mau ambil risiko dengan bahaya dari ular kemudian warga menghubungi Kantor Dinas Kebakaran Kendari. "

KENDARI, TELISIK. ID - Dinas Kebakaran Kota Kendari berhasil menangkap seekor ular jenis sanca (pytonidae) di rumah warga Jl. Wayong Bypass Kelurahan Lepo-lepo, Kecamatan Baruga, Kamis (13/5/2021) malam.

Info keberadaan hewan melata ini disampaikan warga kepada Dinas Kebakaran karena merasa khawatir dengan keberadaan ular, saat sedang merayakan lebaran di rumahnya.

"Warga yang tengah disibukan dengan aktivitas lebaran tidak mau ambil risiko dengan bahaya dari ular kemudian warga menghubungi Kantor Dinas Kebakaran Kendari," ujar Kepala Dinas Kebakaran Kota Kendari Junaidin Umar, Jumat (14/5/2021).

Baca juga: Tiba di Bandara Haluoleo, Jenazah dr Baharuddin Diantar ke Kabupaten Muna

Baca juga: Pelintas Batas Kota Wajib Masker dan Ukur Suhu Tubuh

Setelah mendapat informasi, tim rescue Dinas Kebakaran langsung ke lokasi. Tidak cukup satu jam bekerja, tim rescue pemadam berhasil mengevakuasi ular yang bersembunyi di bawah kandang ayam warga.

Untuk mengamankan ular sekira tiga meter ini, Dinas Kebakaran akan berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSA) Sulawesi Tenggara, agar bisa dilepas liarkan kembali ke habitatnya.

"Nantinya kami akan berkoordinasi dengan pihak BKSDA dalam hal ini, untuk kemudian ular ini dilepas ke habitat aslinya," tambahnya.

Dinas Kebakaran mengimbau untuk selalu waspada karena hewan ini biasanya kerap keluar di musim hujan untuk mencari makan. (B)

Reporter: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga