Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara Gelar Aksi Gizi dan Edukasi di 4 Kabupaten/Kota

Erni Yanti, telisik indonesia
Selasa, 19 Desember 2023
0 dilihat
Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara Gelar Aksi Gizi dan Edukasi di 4 Kabupaten/Kota
Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara menghadiri aksi bergizi di Bombana. Foto: Ist

" Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara melaksanakan aksi gizi di 4 (empat) kabupaten di Sulawesi Tenggara, yakni Kolaka Utara, Bombana, Buton Utara dan Buton Selatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara melaksanakan aksi gizi di 4 (empat) kabupaten di Sulawesi Tenggara, yakni Kolaka Utara, Bombana, Buton Utara dan Buton Selatan.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara, Rosmawati mengatakan, aksi gizi tersebut bertujuan untuk memperkuat kasus penurunan stunting.

"Aksi bergizi bukan hanya sekedar edukasi promosi tapi ada juga pemberian tablet penambah darah, jadi kami di provinsi itu kegiatan yang empat kabupaten kota mudah-mudahan ke depan ada lagi kebijakan dari Kementerian untuk anggaran, agar semua ter-cover di 17 kabupaten/kota," ungkap Rosmawati, Senin (18/12/2023).

Para pelajar mengikuti akdi bergizj yang dilaksanakan Dians Kesehatan Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

 

Kata Rosmawati, aksi gizi itu juga bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, dimana aksi tersebut bukan hanya soal kasus kesehatan melainkan edukasi, sehingga semua kabupaten/kota berhak mendapatkan.

Baca Juga: Launching ILP Dinkes Sulawesi Tenggara Perkuat Pelayanan Dasar

Aksi gisi juga ini sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat di berbagai kalangan, mulai dari ibu hamil, anak baru lahir, remaja  dan lansia.

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara gelar aksi bergizi di Bombana bersama para pelajar. Foto: Ist.

 

Dilansir dari gizikia.kemenkes.go.id, salah satu program rutin Kementerian Kesehatan dalam memeuhi kebutuhan zat gizi mikro, adalah pemberian vitamin A pada balita.

Baca Juga: HKN ke-59, Dinkes Sulawesi Tenggara Kumpulkan 100 Kantung Darah Siap Didonorkan

Vitamin A adalah salah satu zat gizi esensial yang dibutuhkan balita untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Vitamin A dalam tubuh menstimulasi produksi sel darah putih yang berperan dalam pembentukan tulang, menjaga dan mendukung pertumbuhan sel-sel tubuh, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara melaksanaka aksi bergizi di sekolah-sekolah yang ada di Buton Selatan. Foto: Ist.

 

Sumber vitamin A diperoleh dari sayuran berdaun hijau, tomat, wortel, buah, hati sapi, minyak ikan, telur, dan lain sebagainya. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi beragam bahan makanan yang kaya akan vitamin A, khususnya buah dan sayur, dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit. (B-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga