Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara Ungkap Imunisasi Dasar Lengkap Jaga Kekebalan Tubuh Anak

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 19 Oktober 2023
0 dilihat
Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara Ungkap Imunisasi Dasar Lengkap Jaga Kekebalan Tubuh Anak
Kegiatan imunisasi dalam bulan imunisasi anak sekolah (BIAS) yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

" Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara telah meluncurkan serangkaian langkah untuk meningkatkan cakupan imunisasi dasar lengkap bagi anak-anak "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Tenggara telah meluncurkan serangkaian langkah untuk meningkatkan cakupan imunisasi dasar lengkap bagi anak-anak.

Upaya imunisasi dasar lengkap ini diambil guna memastikan bahwa anak-anak mendapatkan kekebalan tubuh yang diperlukan untuk melindungi mereka dari berbagai penyakit.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sulawesi Tenggara, Muhammad Ridwan menyatakan, langkah ini adalah respons terhadap penundaan dan penghambatan pelaksanaan imunisasi yang terjadi selama masa pandemi, yang berpotensi menurunkan cakupan imunisasi.

“Imunisasi dasar lengkap pada anak-anak merupakan langkah penting dalam menjaga kekebalan tubuh dan mencegah penyakit yang dapat dicegah,” katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Salah satu tindakan yang sedang diperkuat adalah optimalisasi layanan imunisasi di fasilitas kesehatan, termasuk puskesmas dan klinik. Dinkes Sulawesi Tenggara tengah berupaya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya imunisasi serta memastikan ketersediaan vaksin yang dibutuhkan.

Baca Juga: Dinkes Sulawesi Tenggara Prioritas Cegah Penularan Tiga Penyakit Menular Utama

Muhammad Ridwan menambahkan, pihaknya akan meningkatkan kampanye dan sosialisasi terkait imunisasi melalui berbagai saluran, termasuk media massa dan kegiatan penyuluhan di komunitas.

“Kami terus koordinasi dengan Dinas Kesehatan yang ada di kabupaten/kota untuk memastikan pelaksanaan imunisasi dasar lengkap anak ini berjalan,” pungkasnya.

Baca Juga: Dinkes Sulawesi Tenggara Ungkap Pentingnya Imunisasi dalam Pencegahan Rubella dan Campak

Sebagai tambahan, berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara, pemberian imunisasi yang terlambat atau tidak lengkap kepada anak, menjadi salah satu hambatan dalam upaya meningkatkan kekebalan anak.

Setidaknya terdapat tiga jenis imunisasi rutin lengkap pada anak. Pertama, imunisasi dasar lengkap pada bayi usia 0-11 bulan yang di antaranya adalah HBO 1 dosis, BCG 1 dosis, DPT-HB-Hib 3 dosis, polio tetes (OPV) 4 dosis, dan campak rubela 1 dosis.

Kedua, imunisasi lanjutan baduta pada anak usia 18-24 bulan yang mencakup DPT-HB-Hib 1 dosis dan campak rubela 1 dosis. Sementara ketiga yakni imunisasi lanjutan anak sekolah dasar/sederajat pada program tahunan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang meliputi campak rubela dan DT pada anak kelas 1 dan Td pada anak kelas 2 dan 5. (B-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga