Dinas Ketapang Konawe Pastikan Stok Pangan Selama Ramadan Aman

Aris Syam, telisik indonesia
Sabtu, 02 April 2022
0 dilihat
Dinas Ketapang Konawe Pastikan Stok Pangan Selama Ramadan Aman
Kadis Ketahanan Pangan Konawe Muhammad Akbar saat memantau harga dan stok daging sapi di pasar. Foto: Ist.

" Setelah melakukan pemantauan stok kebutuhan bahan pangan di beberapa pasar tradisional, seperti di Pondindaha,Sampara, Wawotobi, dan Asinua, pihaknya dapat memastikan stok pangan selama Ramadan aman "

KONAWE, TELISIK.ID - Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Konawe memastikan stok kebutuhan pangan masyarakat selama Ramadan 1443 Hijriah aman.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Ketapang Konawe, Muhammad Akbar saat ditemui Telisik.Id, Sabtu (2/4/2022).

Akbar mengatakan, setelah melakukan pemantauan stok kebutuhan bahan pangan di beberapa pasar tradisional, seperti di Pondindaha,Sampara, Wawotobi, dan Asinua, pihaknya dapat memastikan stok pangan selama Ramadan aman.

"Alhamdulillah setelah kita melakukan tinjauan di beberapa pasar tradisional di Konawe, untuk 9 bahan pokok yang jadi pantauan kami, untuk ketersediaannya selama Ramadan itu masih aman," katanya.

Kendati demikian, kata Akbar, masih ada beberapa item bahan pokok yang mengalami kenaikan harga, namun tidak terlalu signifikan, misalnya beras. Menurutnya, kenaikan harga beras ini dikarenakan para petani di Konawe belum memasuki masa panen. Namun ketersediaan stok masih ada.

Baca Juga: Gelar Pasar Murah, Disperindag Bombana Jual Minyak Goreng Lokal

Kemudian, kenaikan harga daging sapi yang sempat tembus Rp 150 ribu/kg kini mengalami penerunan harga menjadi Rp 140 ribu/kg, Menurut Akbar, kenaikan harga daging sapi itu dikarenakan mengikuti tren dari harga minyak goreng.

"Setelah kita pantau kembali, sudah turun sebesar Rp 130 ribu untuk tulang dan dagingnya Rp 140 ribu/kg. Dan ketersediaan daging bisa dijamin aman karena dari keterangan para penjual, mereka setiap hari memotong sapi," tambahnya.

Baca Juga: Jelang Ramadan, Pemkot Baubau Siapkan Sembako Murah

Lebih lanjut, kata Akbar, begitu juga dengan gula pasir. Meski ada kenaikan harga, tapi tidak terlalu signifikan. Mungkin dikarenakan kenaikan harga BBM dan transportasi. Tapi pihak Bulog sudah siap jika nanti ada kenaikan di atas normal, mereka akan turun untuk intervensi di lapangan.

Selanjutnya, kebutuhan lain masih terpantau normal, seperti jagung, bawang merah dan putih serta cabai. Terlebih lagi cabai merupakan produksi Konawe sendiri.

"Kecuali bawang merah dan putih ini masih kita ambil dari luar daerah di Enrekang," pungkasnya. (C-Adv)

Reporter: Aris Syam

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga