Dinas Pertanian Siapkan Fasilitas Penyembelihan Hewan Kurban di RPH

Sumarlin, telisik indonesia
Kamis, 15 Juli 2021
0 dilihat
Dinas Pertanian Siapkan Fasilitas Penyembelihan Hewan Kurban di RPH
Kepala Dinas Pertanian bersama Kepala Bidang Peternakan melihat persiapan fasilitas di RPH Anggoeya. Foto: Sumarlin/Telisik

" Dinas Pertanian juga memastikan kesiapan petugas RPH jika terjadi peningkatan jumlah permintaan pemotongan hewan pada hari raya kurban nanti "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Pertanian Kota Kendari menyiapkan fasilitas Rumah Potong Hewan (RPH) bagi warga Kota Kendari yang hendak menyembelih hewan kurban saat lebaran Idul Adha 1442 Hijriah.

Memastikan kesiapan itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari mengecek sejumlah fasilitas dan kondisi RPH Kota Kendari yang terletak di Kelurahan Anggoeya, di antaranya ruang penampungan ternak, ruang produksi hingga fasilitas air bersih.

Ini dilakukan untuk memastikan hewan ternak yang disembelih aman, sehat utuh dan halal (ASUH).

Dinas Pertanian juga memastikan kesiapan petugas RPH jika terjadi peningkatan jumlah permintaan pemotongan hewan pada hari raya kurban nanti.

Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari, Siti Ganef menjelaskan, saat ini sejumlah fasilitas di RPH Kendari siap digunakan untuk proses penyembelihan hewan kurban. Karena RPH aktif melakukan penyembelihan hewan setiap hari.

"Kami lakukan persiapan di RPH karena mulai tahun 2020 sudah ada warga yang memotong kurbannya di RPH. Tahun ini juga sudah ada 18 yang mendaftar," katanya, Kamis (15/7/2021).

Untuk tetap menjaga protokol kesehatan, pihaknya juga akan membagi jadwal pemotongan agar tidak terjadi kerumunan.

Baca Juga: Akibat Pandemi, Penjualan Hewan Kurban Menurun

Baca Juga: Ketua DPR-RI Tegaskan Vaksin Gotong Royong Tidak Boleh Pakai Dana APBN

Mendukung proses penyembelihan hewan kurban di RPH, Dinas Pertanian Kota Kendari sudah menyiapkan lebih dari 10 personel mulai dari dokter hewan hingga petugas kebersihan.

"Petugas ada yang bawa sendiri dari luar, kita juga siapkan di sini dan tak kalah pentingnya dokter hewan, kami siapkan satu orang namun jika terjadi penambahan kami akan tambah jadi dua orang," ungkapnya.

Dia menambahkan, jika warga ingin menggunakan RPH sebagai tempat penyembelihan hewan kurban, bisa langsung menghubungi Dinas Pertanian atau RPH Anggoeya. (C)

Reporter: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga