Dinas Sosial Kendari Salurkan Bantuan Presiden untuk Korban Banjir

Sumarlin, telisik indonesia
Jumat, 02 Juli 2021
0 dilihat
Dinas Sosial Kendari Salurkan Bantuan Presiden untuk Korban Banjir
Ketua TP PKK Kota Kendari Sri Lestari Sulkarnain (tengah) menyerahkan bantuan pada korban banjir. Foto: Ist.

" Bantuan tersebut berasal dari Presiden RI, yang difasilitasi oleh Polres Kendari sebanyak 80 paket bantuan untuk masyarakat Sungai Wanggu yang terkena banjir "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kendari menyalurkan bantuan Presiden RI Joko Widodo pada korban banjir, Jumat (2/7/2021).

Bencana banjir tersebut melanda 78 Kepala Keluarga (KK) di bantaran Sungai Wanggu, Kelurahan Lepo - lepo, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Dinsos Kota Kendari, Abdul Rauf mengatakan, bantuan diberikan untuk mengurangi beban masyarakat yang terdampak.

“Bantuan tersebut berasal dari Presiden RI, yang difasilitasi oleh Polres Kendari sebanyak 80 paket bantuan untuk masyarakat Sungai Wanggu yang terkena banjir,” ujarnya.

Mantan Kabag Kesra ini mengaku, Dinas Sosial juga telah menyiapkan dapur umum dan perlengkapan bayi jika terdapat warga yang membutuhkan.

Baca Juga: Kasus COVID-19 di Kendari Melonjak, RSUD Tambah Tempat Tidur

“Kami juga telah menyiapkan bagi yang memiliki bayi berupa selimut dan popok,” ungkapnya.

Meskipun masih terjadi banjir, namun Abdul Rauf mengaku dampak banjir yang terjadi kali ini lebih kecil dibanding tahun sebelumnya. Ini terjadi setelah berfungsinya kolam retensi yang dikerjakan pemerintah.

“Telah dibangun tanggul dan kolam retensi, jika dilihat memang terdapat perubahan, kalau tahun sebelumnya 2017 air di Sungai Wanggu ini dua meter ya, kalau di tahun 2021 ini hanya 70 cm yang ke rumah masyarakat," katanya.

Sebelumnya, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Kendari, Sri Lestari Sulkarnain mengunjungi korban yang mengungsi di 10 tenda yang disiagakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari.

"Ketika memasuki musim penghujan, memang lokasi ini merupakan daerah yang sering mengalami banjir tahunan, namun selama dua tahun terakhir tidak mengalami banjir," kata Ketua TP PKK Kota Kendari.

Baca Juga: Pesan Berantai Karyawan Kampung Bakau Positif COVID-19, Hoaks

Meskipun berada di pengungsian, Sri Lestari juga meminta warga tetap menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar tetap sehat, apalagi saat ini masih berada di tengah Pandemi COVID-19.

"Tadi kami juga sudah melihat kondisi warga, dan dalam pantauan kami, Dinas sosial dan Tagana juga sudah menyiapkan tenda bagi masyarakat. BPBD juga telah menyiapkan tenda dan perlengkapan tidur bagi para korban banjir kemudian makanan bagi masyarakat," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Ketua TP PKK juga menyalurkan bantuan pada korban banjir  Sungai Wanggu. (B-Adv)

Reporter: Sumarlin

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga