Dinas TPHP Konawe Bakal Menambah Luas Lahan Budidaya Tanaman Kedelai

Aris Syam, telisik indonesia
Kamis, 02 Juni 2022
0 dilihat
Dinas TPHP Konawe Bakal Menambah Luas Lahan Budidaya Tanaman Kedelai
Kepala Dinas TPHP Kabupaten Konawe, Gunawan Samad. Foto: Ist.

" Saat ini luas lahan budidaya tanaman kedelai di Konawe sebanyak 447 hektare, rencananya akan diusulkan penambahan luas lahan sebanyak 1000 hektare "

KONAWE, TELISIK.ID - Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Konawe akan menambah luas lahan budidaya kedelai bagi para petani untuk dikembangkan.

Kepala Dinas (Kadis) TPHP Konawe, Gunawan Samad mengatakan, sektor pertanian di wilayah Konawe sangat potensial untuk dikembangkan. Salah satunya telah terbukti dengan menjadi penghasil beras terbaik di Sulawesi Tenggara.

Olehnya itu, pihaknya juga mendorong budidaya komoditas pertanian lainnya agar mampu berkembang, seperti budidaya tanaman kedelai.

"Harga pasaran kedelai juga bagus, mencapai Rp 11 ribu per kilogram," jelasnya, Kamis (2/6/2022).

Lebih lanjut kata Gunawan, untuk saat ini luas lahan budidaya tanaman kedelai di Konawe sebanyak 447 hektare, sehingga pada tahun ini pihaknya akan mengusulkan penambahan luas lahan kedelai sebanyak 1000 hektare.

Baca Juga: Perhatian Pemerintah Minim, Jalan Rusak dan Pupuk Langka Dikeluhkan Masyarakat

"Penambahan luas lahan kedelai ini kami sudah berkoordinasi dengan pihak Pemrov Sulawesi Tenggara," imbuhnya.

Gunawan juga menjelaskan, budidaya tanaman kedelai itu tersebar di beberapa wilayah Konawe, di antaranya Kecamatan Lambuya, Asinua, bahkan Routa. Adapun tempat penangkaran bibit kedelai, berlokasi di Desa Wonua Monapa, Kecamatan Pondidaha.

Baca Juga: Warga Muna Barat Keluhkan Jalan dan Pembibitan

"Kemungkinan bulan ini para petani sudah mulai menanam kedelai, tinggal kami sosialisasikan kepada petani yang akan menanam kedelai untuk segera mempersiapkan dokumen calon penerima dan calon lokasi (CPCL)-nya," imbuhnya. (C-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga