Dinkes Sultra Pastikan Vaksin COVID-19 Aman

Siswanto Azis, telisik indonesia
Jumat, 08 Januari 2021
0 dilihat
Dinkes Sultra Pastikan Vaksin COVID-19 Aman
Plt Kadis Kesehatan Sultra, Husnia. Foto: ist

" Jika pemerintah sudah memutuskan bahwa vaksin ini sudah bisa digunakan, tentu pemerintah sebelumnya juga sudah melakukan berbagai macam kajian, sehingga bisa dipastikan aman. "

KENDARI, TELISIK.IS - Vaksinasi atau imunisasi COVID-19 terus dikampanyekan pemerintah kepada masyarakat. Hal ini terus dilakukan untuk meyakinkan masyarakat agar tidak takut divaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara, Husnia, mengatakan, pemerintah tentu tidak sembrono memberikan vaksin kepada warganya. Terlebih, rencana pemberian vaksin juga sudah melewati uji klinis dan kepastian keamanan serta kemanjurannya.

“Jika pemerintah sudah memutuskan bahwa vaksin ini sudah bisa digunakan, tentu pemerintah sebelumnya juga sudah melakukan berbagai macam kajian, sehingga bisa dipastikan aman,” tegasnya

Akan tetapi, adanya informasi salah atau hoax, membuat sebagian masyarakat enggan untuk divaksin. Karena itu, dirinya berharap agar masyarakat tidak mudah terprovokasi berita hoax. Vaksin yang sudah beredar, telah dipastikan keamanannya.

Baca juga: 5.500 Jatah Vaksin di Kota Kendari, Prioritas untuk Nakes

“Yang jelas kita sudah mengetahui bahwa vaksin itu adalah salah satu bagian dari penanggulangan pandemi wabah COVID-19, selain 3M,” ungkapnya.

Lagipula, tambahnya, sebelum vaksin tersebut didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia, telah dilakukan uji klinis di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

"Insyahallah aman, makanya kita menunggu izin edar dari BPOM, dan tentunya juknis dari pemerintah pusat," ujarnya, Jumat (8/1/2021).

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 20.400 dosis vaksin COVID-19 sudah tiba di Sulawesi Tenggara. Vaksin ini sasaran utamanya adalah tenaga kesehatan (Nakes) sebagai kelompok prioritas. Setelah itu baru menyasar ke masyatakat umum. (B)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga