adplus-dvertising

Dinosaurus 3D Kini Hadir di Ponsel Anda

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 03 Juli 2020
9921 dilihat
Dinosaurus 3D Kini Hadir di Ponsel Anda
Dinosaurus dalam 3D. Foto: Google

" Tidak hanya mencari lewat berbagai literatur, seniman kami juga bekerja bersama ahli paleontologi dan tim 'Jurassic World' untuk membuat aset ini seakurat dan senyata mungkin. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Google menambahkan Dinosaurus dalam pencarian berbasis Augmented Reality untuk pengalaman melihat jenis hewan yang telah punah dalam ukuran yang nyaris seperti aslinya. 

Dilansir TEMPO.CO, setelah menambahkan karakter  tiga dimensi (3D) seperti Kucing, Kalajengking, Beruang, Harimau, dan berbagai macam binatang. Kini, pengguna Google bisa melihat binatang yang punah, yakni Finosaurus dalam bentuk 3D.

Ketika mencari kata kunci "Dinosaurus" atau "Dinosaur" di mesin pencari Google Search, akan muncul hasil pencarian yang disertai keterangan 3D, pertanda hewan tersebut bisa dilihat dengan teknologi AR lewat ponsel.


Google menambahkan sepuluh jenis Dinosaurus, bekerja sama dengan film Waralaba Jurassic World. Kesepuluhnya adalah Tyrannosaurus Rex, Velociraptor, Triceratops, Spinosaurus, Stegosaurus, Brachiosaurus, Ankylosaurus, Dilophosaurus, Pteranodon dan Parasaurolophus.

Group Product Manager AR Experiences di Google, Archana Kannan, dalam unggahan di blog resmi Google mengatakan mereka bermitra dengan Universal Brand Development, Amblin Entertainment dan Ludia untuk membuat dinosaurus-dinosaurus itu. 

Hewan purba itu dikembangkan berdasarkan game buatan Ludia, Jurassic World Alive, menggunakan teknik modeling 3D dan animasi.

Baca juga: UGM Kembangkan Alat Pengukur Suhu Tubuh dengan Pemindai Wajah

"Tidak hanya mencari lewat berbagai literatur, seniman kami juga bekerja bersama ahli paleontologi dan tim 'Jurassic World' untuk membuat aset ini seakurat dan senyata mungkin," kata perwakilan dari Ludia, Camilo Sanin.

Bahkan, dia menambahkan, sampai ke detail terkecil, seperti warna dan pola kulit yang tidak teratur.

Sanin memberi catatan bahwa memuat dinosaurus semirip mungkin dengan ukuran aslinya tidak mudah. Tim Google, Ludia, Amblin, dan Universal Brand Development disebutnya merancang agar dinosaurus ini bisa dipasangi fitur skala otomatis, terutama di perangkat Android, agar ukuran hewan bisa disesuaikan dengan layar dan lingkungan sekitar yang dibidik lewat kamera ponsel.

"Fitur skala otomatis Android akan menghitung jarak ponsel dengan bidang permukaan, kemudian ukuran dinosaurus akan disesuaikan dengan layar," katanya.

Selain itu, sebagaimana yang dimuat Bisnis.com, adapun Dinosaurus yang tersedia adalah Tyrannosaurus rex, Velociraptor, Triceratops, Spinosaurus, Stegosaurus, Brachiosaurus, Ankylosaurus, Dilophosaurus, Pteranodon dan Parasaurolophus.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga