Dinsos Ingatkan Lurah Transparan Salurkan Bansos

Musdar, telisik indonesia
Kamis, 25 November 2021
0 dilihat
Dinsos Ingatkan Lurah Transparan Salurkan Bansos
Kepala Dinas Sosial Kota Kendari, Abdul Rauf (kanan) saat bersama Menko PMK, Muhadjir Effendy melakukan pembagian paket sembako di Kelurahan Sodohoa. Foto: Ist.

" Kepala Dinas Sosial Kota Kendari, Abdul Rauf mengingatkan para lurah agar transparan dalam menyalurkan bantuan sosial atau bansos "

KENDARI, TELISIK.ID - Kepala Dinas Sosial Kota Kendari, Abdul Rauf mengingatkan para lurah agar transparan dalam menyalurkan bantuan sosial atau bansos.

Abdul Rauf menegaskan, lurah wajib mengumumkan nama-nama penerima bansos di kantor kelurahan setiap kali ada penyaluran.

Selain sebagai bentuk transparansi, dengan begitu juga warga juga tidak akan bertanya-tanya lagi apakah mereka termasuk sebagai penerima bansos atau tidak.

Diketahui, akhir tahun 2021 Kemensos RI memberikan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) PPKM untuk 7.690 keluarga penerima manfaat atau KPM yang tersebar di 65 kelurahan se-Kota Kendari.

"Kami mohon memang para lurah untuk memasang nama-nama penerima BPNT di kelurahan supaya kelihatan," kata Abdul Rauf.

Baca Juga: Anggaran Besar, Pemdes Dituntut Lebih Cerdas Kelola Dana Desa

Baca Juga: Terima Bansos, PNS di Kendari Harus Gentleman Kembalikan Hak Rakyat Miskin

Mantan Kabag Kesra Pemkot Kendari ini mengungkapkan bahwa bansos yang berupa PKH ataupun BPNT adalah program pemerintah yang dalam penyalurannya harus terpadu, baik dari unsur pengawasannya, perencanaannya, distribusi barangnya dan data identitasnya.

"Memang harus terpadu semua, tidak bisa tidak," pungkasnya.

Diwawancarai terpisah, Lurah Kadia, Ishak menyampaikan, untuk bansos BPNT PPKM Kelurahan Kadia kebagian jatah lebih dari 200 KPM. Saat ini baru disalurkan kepada 45 KPM.

Dalam penyalurannya juga sudah dilakukan secara transparan yakni dengan mengumumkan nama-nama penerima bansos di kantor kelurahan.

"Kalau saya di Kadia begitu memang dipublikasi kalau perlu ditempel," ungkapnya. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga