Direktur IPDN Kunjungi Wakatobi, Syarat Camat Harus Miliki Sertifikat Kepamongprajaan

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Kamis, 11 November 2021
0 dilihat
Direktur IPDN Kunjungi Wakatobi, Syarat Camat Harus Miliki Sertifikat Kepamongprajaan
Penyambutan tim sosialisasi IPDN oleh Wakil Bupati Wakatobi Ilmiati Daud. Foto: Boy Candra/Telisik

" Dalam sosialisasi kepamongprajaan yang digelar di Ampupu Beach, Kecamatan Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi, Sampara Lukman mengatakan, Kementerian Dalam Negeri telah memberlakukan profesi kepamongprajaan IPDN bagi camat "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Semua camat yang diangkat oleh bupati/wali kota harus memiliki sertifikat kepamongprajaan. Hal itu ditegaskan oleh Direktur Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Dr. Sampara Lukman M.A.

Sampara Lukman mengungkapkan hal itu saat berkunjung ke Kabupaten Wakatobi, Rabu (10/11/2021) malam. Dalam sosialisasi kepamongprajaan yang digelar di Ampupu Beach, Kecamatan Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi, Sampara Lukman mengatakan, Kementerian Dalam Negeri telah memberlakukan profesi kepamongprajaan IPDN bagi camat.

"Merujuk pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 di pasal 224 ayat 2 bahwa syarat menjadi camat yaitu mempunyai sertifikat profesi kepamongprajaan," ujarnya.

Camat yang belum memiliki sertifikat,    

harus mengikuti pendidikan untuk mendapatkan sertifikat kepamongprajaan. Pendidikannya selama 9 bulan, namun kini menjadi 3 bulan atau selama-lamanya 4 sampai 5 bulan untuk memperoleh sertifikat kepamongprajaan.

"Setelah selesai sekolah kepamongprajaan, tidak berhenti disitu. Kita akan melakukan monitor yang mana nanti akan turun pembimbing mendampingi mereka. Dengan harapan, seluruh camat, lurah, bahkan kader-kader politik dapat diberi pembelajaran di profesi kepamongprajaan," tambahnya.

Baca Juga: 2 Pahlawan Asal Buton Diabadikan Sebagai Nama Jalan

Baca Juga: Peringatan Hari Pahlawan, Ratusan Kendaraan Tua Keliling Kota Makassar

Sementara itu, Wakil Bupati Wakatobi Ilmiati Daud mengucapkan terima kasih kepada Direktur IPDN yang telah mengunjungi Wakatobi.

"Kami berterima kasih atas kunjungan kerja Direktur IPDN di Wakatobi. Saya sangat berbahagia karena dikunjungi oleh promotor dan guru besar dalam rangka sosialisasi program profesi kepamongprajaan IPDN di Kabupaten Wakataobi," kata Ilmiati Daud.

Sebagaimana diketahui, Ilmiati Daud merupakan mahasiswa S3 di IPDN. Dia berharap ada yang mengikuti jejaknya menuntut ilmu kepamongprajaan atau ilmu pemerintahan di IPDN.

"Saya berharap ada yang mengikuti jejak saya menuntut ilmu atau menimba ilmu di IPDN. Di mana kita dapat membangun jaringan, membangun persaudaraan, yang intinya kita dapat membangun sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah," tutupnya.

Tim Sosialisasi IPDN yang turut serta ke Wakatobi di antaranya Dosen PPKp IPDN Prof. Dr. Khasan Efendy M.Pd, Wadir Bidang Kemahasiswaan PPKp IPDN Dr. Mulyadi S.P, MSi, Wadir Bidang Administrasi PPKp IPDN Dr. Tjahyo Suprajogo, M.Si, staf Jfu PPKp IPDN Wahyu Santo Nugroho, SH. (B)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga