adplus-dvertising

Disambut Tepuk Tangan, 24 Kru KM Lambelu Positif COVID-19 Dievakuasi

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Selasa, 21 April 2020
1117 dilihat
Disambut Tepuk Tangan, 24 Kru KM Lambelu Positif COVID-19 Dievakuasi
Sebanyak 24 anak buah kapal (ABK) KM Lambelu yang positif terinfeksi COVID-19 dirujuk ke Rumah Sakit Makassar. Foto: Info Makassar

" Hari ini tim Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) telah mengevakuasi sebanyak 24 orang ABK KM Lambelu dan Mitra PT Pelni. "

MAKASSAR, TELISIK.ID - Sebanyak 24 anak buah kapal ( ABK) KM Lambelu yang positif terinfeksi COVID-19 dirujuk ke Rumah Sakit Makassar setelah menjalani isolasi mandiri di atas kapal.

Kabid Lalu Lintas, Angkutan Laut, Operasi, dan Usaha Kepelabuhanan OP Pelabuhan Makassar Sirajuddin mengatakan bahwa, evakuasi 24 ABK yang dirujuk tersebut dilakukan petugas KKP Makassar dan Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan.

"Hari ini tim Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) telah mengevakuasi sebanyak 24 orang ABK KM Lambelu dan Mitra PT Pelni," ungkap Kabid Lalin Laut Kantor Kesehatan Pelabuhan Klas I Makassar, Sirajuddin dikutip dari detik.com, Senin (20/4/2020).


Ketika ambulans akan meninggalkan pelabuhan, terlihat puluhan petugas baik medis dan petugas pelabuhan memberikan sambutan tepuk tangan bagi 24 kru KM Lambelu yang berada di dalam ambulans.

"Status ke 24 orang tersebut adalah terkonfirmasi dan mempunyai riwayat penyakit lain seperti asma, jantung," katanya.

Baca juga: Polda Sultra Bagikan Paket Sembako dan Masker

Sirajuddin mengatakan, 24 ABK yang dirujuk tersebut untuk mempermudah pengawasan dan penanganan penyakit yang diderita akibat terinfeksi virus Corona. Saat menuju rumah sakit, para ABK tersebut menaiki ambulans yang didampingi petugas medis dengan peralatan APD lengkap.

Setelah beberapa jam dirujuk ke Rumah Sakit, KM Lambelu kembali ke perairan zona karantina yang jaraknya 2 mil dari pelabuhan Soekarno Hatta Makassar.

Sebelumnya diberitakan sebanyak 92 kru KM Lambelu yang terdiri dari ABK dan mitra grup Pelni dinyatakan positif terinfeksi virus Corona usai berlayar dari beberapa pulau di Indonesia.

Kadis Kesehatan Sulawesi Selatan Ichsan Mustari mengatakan, pada 12 April ada 26 kru kapal yang dinyatakan positif.

Kemudian pada 17 April 66 kru kapal kembali dinyatakan positif setelah hasil pemeriksaan swab laboratorium keluar. Ichsan mengatakan, semua kru KM Lambelu yang positif berstatus orang tanpa gejala (OTG).

 

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga