Dishub Mubar Usulkan Tiga Program Strategis Pada APBD Sultra 2023

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 23 Maret 2022
0 dilihat
Dishub Mubar Usulkan Tiga Program Strategis Pada APBD Sultra 2023
Kepala OPD Mubar saat menghadiri Musrenbang Kabupaten Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Program rehabilitasi Pelabuhan Latawe, penyediaan transportasi umum Pelabuhan Tondasi, serta terminal type B di Lagadi, diharapkan agar diprioritaskan pada APBD Sultra "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Muna Barat (Mubar), La Ode Hanafi, mengusulkan tiga program pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sultra tahun 2023.

Program itu adalah rehabilitasi Pelabuhan Latawe, penyediaan transportasi umum Pelabuhan Tondasi, serta terminal type B di Lagadi, diharapkan agar diprioritaskan pada APBD Sultra.

Dia mengatakan, tiga program ini menyangkut kehidupan masyarakat Mubar, makanya program ini menjadi program strategis yang harus diprioritaskan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Diusulkan pada Bappeda Sultra, agar dapat diprioritaskan dalam APBD Sultra tahun 2023," tutur La Ode Hanafi, Rabu (23/3/2022).

Tiga program ini juga menyangkut konektifitas transportasi di Kabupaten Muna Barat, yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian daerah, karena menunjang investasi.

Baca Juga: Kadis P3A Kolut Diminta Kosongkan Kantor Dalam 24 Jam

Dikatakan, Kabupaten Muna Barat merupakan salah satu wilayah yang strategis, karena diapit oleh beberapa wilayah yakni Kota Kendari, Baubau, Bombana, Konawe Selatan dan Buton Tengah.

Dengan keunggulan lokasi ini, banyak investor berkeinginan untuk berinvestasi di beberapa sektor, bahkan ada yang telah melakukan survei, tetapi kendalanya yaitu fasilitas dalam membangun konektifitas belum memadai.

Baca Juga: Wakil Bupati: 2023 Jagung Kuning di Buton Utara Harus Booming

Sehingga dengan kendala-kendala yang ada, ia berharap agar tiga program usulan ini dapat diprioritaskan oleh Dishub Sultra maupun Bappeda Sultra agar mempersiapkan anggarannya pada APBD Sultra tahun 2023.

Ia juga akan meminta bantuan pada anggota DPRD Sultra untuk ikut mengawal program ini. Dia juga berharap pada tahun anggaran 2023 mendatang pihak Pemprov Sultra berkosentrasi dalam melihat konektifitas di wilayah Muna Barat dan daerah sekitarnya. (C)

Reporter: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga