Dishub Sulawesi Tenggara Ajak Pengendara Periksa Kesehatan dan Kendaraan

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Rabu, 31 Mei 2023
0 dilihat
Dishub Sulawesi Tenggara Ajak Pengendara Periksa Kesehatan dan Kendaraan
Masyarakat yang akan melakukan mudik diimbau agar sebelumnya mengecek kendaraan dan kesehatannya. Foto: Dok. Telisik

" Dishub Sulawesi Tenggara pun juga mengimbau agar para pemudik melakukan pemeriksaan kesehatan serta pemeriksaan kendaraan sebelum melakukan perjalanan "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam rangka menjaga keselamatan dan kenyamanan perjalanan, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Tenggara mengeluarkan imbauan bagi para pemudik yang akan melakukan perjalanan jauh untuk mudik ke kampung halaman.

Dishub Sulawesi Tenggara pun juga mengimbau agar para pemudik melakukan pemeriksaan kesehatan serta pemeriksaan kendaraan sebelum melakukan perjalanan.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara, Muhammad Rajulan mengatakan, masyarakat yang bakal melakukan mudik menggunakan angkutan darat, baik roda dua maupun roda empat, meski saat ini COVID-19 sudah melandai, namun masyarakat harus memastikan kesehatan diri maupun kendaraannya dengan melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan mudik.

“Kita harus tetap patuhi protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker,” katanya kepada awak media, Rabu (13/4/2023).

Suasana kepadatan penumpang di pelabuhan jelang Lebaran Idul Fitri. Foto: Dok. Telisik

 

Imbauan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan di jalan raya dan penyebaran penyakit yang dapat terjadi selama perjalanan. Pemeriksaan kesehatan penting dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan pemudik sebelum melakukan perjalanan jauh.

Selain itu, pemeriksaan kendaraan juga sangat dianjurkan guna memastikan kendaraan dalam kondisi prima dan aman untuk digunakan dalam perjalanan jauh. Dimana pemeriksaan kendaraan seperti rem, lampu, ban, dan kelengkapan dokumen kendaraan sebelum berangkat. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko kecelakaan dan memastikan perjalanan mudik berjalan lancar.

Baca Juga: Pemudik Balik ke Kendari Diminta Periksa Kesehatan

Lebih lanjut, Rajulan menambahkan, untuk menjaga keselamatan saat mudik, sebaiknya tidak mengonsumsi minuman yang menyebabkan rasa kantuk dan menghindari menggunakan obat-obatan terlarang.

Selain itu, ia juga berharap untuk tidak membuang air kecil dan tinja di sembarang tempat. Sebab biasanya dalam perjalanan mudik banyak orang, sehingga tak sedikit yang buang air kecil dan tinja di sembarang tempat.

“Kami mohon kepada pemudik tolong diperhatikan karena kami sudah menyiapkan fasilitas pendukung utamanya ruang tunggu dan toilet, di masing-masing pelabuhan penyeberangan,” ungkapnya.

Para pemudik diimbau untuk mematuhi imbauan dan anjuran dari Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara demi keselamatan dan kelancaran perjalanan mudik. Mereka juga mengajak masyarakat untuk bekerja sama dalam menciptakan kondisi perjalanan yang aman dan nyaman bagi semua pemudik.

Untuk diketahui, dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tips menjaga keselamatan saat mudik. Di antaranya adalah, pertama, pastikan kendaraan dalam kondisi baik sebelum memulai perjalanan. Periksa rem, lampu, ban, dan semua kelengkapan kendaraan lainnya. Jika diperlukan, lakukan servis kendaraan sebelum berangkat.

Kedua, pastikan Anda telah beristirahat dengan cukup sebelum memulai perjalanan. Jangan memaksakan diri untuk mengemudi dalam kondisi lelah atau mengantuk. Ketiga, selalu patuhi aturan lalu lintas saat berkendara. Jangan melebihi batas kecepatan, menggunakan ponsel saat mengemudi, atau melanggar peraturan lainnya.

Kemudian keempat, pastikan semua penumpang kendaraan menggunakan sabuk pengaman. Jika membawa anak-anak, gunakan kursi pengaman yang sesuai dengan usia dan berat badan mereka.

Tidak lupa juga selalu periksa perkiraan cuaca sebelum berangkat. Hindari mengemudi saat kondisi cuaca buruk seperti hujan deras, kabut tebal, atau angin kencang. Selanjutnya, selalu jaga jarak yang aman dengan kendaraan di depan Anda. Hal ini memberi waktu yang cukup untuk bereaksi jika terjadi situasi darurat atau pengereman mendadak.

Jika melakukan perjalanan jauh, berhenti secara berkala untuk istirahat. Gunakan kesempatan ini untuk meregangkan kaki, minum air, dan melunasi kebutuhan biologis.

Sebagai informasi tambahan, dikutip dari kemkes.go.id, berikut ini adalah beberapa tips sehat mudik agar tubuh tetap sehat dan dapat melakukan perjalanan dengan selamat, diantaranya adalah konsumsi makanan dan minuman yang sehat, periksa kelayakan kendaraan, beristirahat selama 15 menit setelah berkendara menggunakan mobil selama 4 jam dan motor setelah berkendara 2 jam.

Baca Juga: Klinik Diagnostik Rapha Kendari Periksa Kesehatan Pelaut

Kemudian, mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan, gunakan masker agar terhindar dari paparan polusi udara dan COVID-19, tidak meminum obat-obatan/minuman yang menyebabkan kantuk, dan jangan memaksakan diri untuk berkendara bila sudah mengantuk.

Dengan memperhatikan dan menerapkan beberapa tips sehat perjalanan mudik tersebut, diharapkan perjalanan menuju kampung halaman untuk menyambung tali silaturahim bersama keluarga dapat dilakukan secara lancar, sehat, dan juga terhindar dari berbagai kemungkinan seperti kecelakaan dan terpapar COVID-19 selama di perjalanan.

Selain itu, Sekrtataris Dishub Sulawesi Tenggara, La Ode Fasikin menambahkan, selain menjaga kesehatan pemudik, untuk selalu memperhatikan kendaraan sebelum melakukan perjalanan agar perjalanan mudik menjadi lebih aman dan nyaman.

‘’Pastikan kendaraan dalam kondisi baik. Jika kendaraan sudah melewati batas waktu atau jarak tertentu untuk servis, sebaiknya lakukan servis terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan jauh,” ucapnya.

Ia juga mengimbau, jika ditemukan masalah atau kerusakan pada kendaraan, sebaiknya diperbaiki terlebih dahulu atau minta bantuan mekanik yang ahli sebelum memulai perjalanan. (B-Adv)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga