Dishub Sulawesi Tenggara Dirikan Posko Mudik di Hari Besar Keagamaan

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Kamis, 01 Juni 2023
0 dilihat
Dishub Sulawesi Tenggara Dirikan Posko Mudik di Hari Besar Keagamaan
Posko pemantauan mudik di Kecamatan Wawo, perbatasan Kolaka Utara dengan Kolaka. Foto: Dok. Telisik

" Dalam rangka mengantisipasi membludaknya arus mudik saat Lebaran maupun Nataru, Dishub Sulawesi Tenggara mendirikan posko mudik di beberapa lokasi "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam rangka mengantisipasi membludaknya arus mudik penumpang saat Lebaran maupun Nataru, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Tenggara telah mendirikan posko mudik di beberapa lokasi strategis.

Dengan adanya posko mudik ini, nantinya dapat memberikan pelayanan dan informasi kepada para pemudik guna memastikan perjalanan mereka aman dan lancar.

Posko mudik juga dilengkapi dengan personel yang terlatih dengan peralatan pendukung seperti layanan telekomunikasi. Para pemudik dapat mengunjungi posko ini untuk mendapatkan informasi terkini mengenai kondisi lalu lintas, rute alternatif, dan kondisi cuaca di sepanjang perjalanan mereka.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara, Muhammad Rajulan mengatakan, didirikannya posko mudik ini guna memantau arus lalu lintas kendaraan khususnya di pelabuhan penyeberangan.

Lebih lanjut Rajulan menjelaskan, posko ini bertujuan untuk mengkoordinasikan penyelenggaraan angkutan lebaran di wilayah Sulawesi Tenggara secara terpadu.

Baca Juga: 7 Titik Posko Keamanan Mudik Muna Barat Terpantau Tertib dan Aman

Dengan prediksi lonjakan pemudik, kata Rajulan, layanan arus mudik harus mengutamakan keamanan dan kenyamanan.

Oleh karena itu, pihaknya bekerja sama dengan berbagai pihak, di antaranya adalah Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), kepolisian, TNI, dan pihak terkait, mendirikan posko pengamanan lebaran di setiap pelabuhan penyeberangan.

“Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang selama arus mudik, kita akan buat posko,” ujar Rajulan kepada Telisik.id, Rabu (12/4/2023).

Rajulan berharap, dengan adanya posko ini, akan semakin meningkatkan sinergi Dishub dengan kepolisian, TNI, ASDP, Pelni, KSOP, dan pihak terkait lainnya.

Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan persiapan jelang mudik lebaran Idul Fitri. Foto: Dian/Telisik

 

Dishub Sulawesi Tenggara mengimbau para pemudik untuk mengunjungi posko mudik ini sebelum melanjutkan perjalanan mereka. Dengan adanya posko mudik, diharapkan dapat tercipta koordinasi yang baik antara Dishub dan pemudik, sehingga kegiatan mudik dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Bagi para pemudik yang membutuhkan bantuan atau informasi, dapat menghubungi petugas di posko mudik ini. Dishub Sulawesi Tenggara siap memberikan bantuan dan pelayanan terbaik kepada para pemudik.

Dengan adanya posko mudik ini, diharapkan terjadi peningkatan kesadaran dan keamanan dalam perjalanan mudik, sehingga semua pihak bisa bersama-sama menjaga keselamatan dan tertib berlalu lintas demi terciptanya mudik yang aman dan nyaman.

Baca Juga: Polres dan Kodim 1416 Muna Kompak Kawal Pemudik

Selain itu, Sekretaris Dishub Sulawesi Tenggara, La Ode Fasikin menjelaskan, meski lonjakan penumpang saat natal dan tahun baru tak sebanyak mudik lebaran, posko dari Dishub tetap disiapkan untuk antisipasi pengamanan.

‘’Sejauh ini posko mudik yang dikerahkan bersama personel terlaksana dengan baik dan lancar,’’ ucapnya.

Ia juga mengatakan, pasca pandemi COVID-19 serta tak diberlakukannya lagi PPKM, mengakibatkan lonjakan penumpang saat mudik semakin meningkat, sehingga diperlukan kesiapan dari Dinas Perhubungan. (B-Adv)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga