Dishub Sultra Dapat DAK untuk Pertama Kali dari Pusat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 18 Mei 2021
0 dilihat
Dishub Sultra Dapat DAK untuk Pertama Kali dari Pusat
Syukriyanto, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Dishub Sultra. Foto: Putri/Telisik

" Iya, jadi dari Indonesia merdeka itu baru sekarang Sultra dapat DAK "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk pertama kalinya mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat pada tahun 2021 ini.

Kepala Dishub Sultra, Hado Hasina mengatakan, pemberian DAK dari pusat tersebut tidak lepas dari peran Gubernur Sultra yang terus memperjuangkan anggaran untuk masuk di Sulawesi Tenggara.

Menurut Hado Hasina, Dishub Sultra pada tahun 2020 mendapatkan DAK sebesar Rp 61 miliar untuk enam pekerjaan pelabuhan penyeberangan.

Sementara itu, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Dishub Sultra, Syukriyanto menjelaskan, hal ini kali pertamanya Dishub mendapatkan DAK sejak Indonesia merdeka.

Baca Juga: Pilrek UHO, Prof Zamrun Raih Suara Terbanyak

Sebelumnya, kata dia, tidak pernah mendapatkan anggaran DAK dari pusat untuk menjalankan tugas pokok dan fungsinya di daerah.

"Iya, jadi dari Indonesia merdeka itu baru sekarang Sultra dapat DAK," katanya kepada Telisik.id, Selasa (18/5/2021)

DAK yang diberikan pada Sultra secara keseluruhan sebesar Rp 360 miliar dan dialokasikan pada Menteri Perhubungan sebesar Rp 61 miliar.

DAK sebesar Rp 61 miliar itu untuk anggaran perbaikan dermaga penyebrangan.

"Rp 360 miliar untuk keseluruhan Sultra, dan untuk Dishub diberi anggaran sebesar Rp 61 miliar untuk perbaikan dermaga," ujarnya.

Baca Juga: Serahkan Rancangan Awal RPJMD ke DPRD, Ini Kata Wakil Bupati Butur

DAK 61 miliar akan dialokasikan pada beberapa pelabuhan penyebrangan, seperti Kendari, Wawonii, Torobulu, Tampo, dan Wanci.

Selain itu, ia juga megatakan, untuk saat ini proses realisasinya berjalan baik sudah Rp 15 miliar atau 47 persen, dan untuk Bina Marga sudah 75 persen.

"Saya berharap dana-dana lain seperti DAK dan sentralisasi bisa diperoleh seperti bantuan, Dekon yang sedang kita perjuangkan. Sehingga asas pemerintahan itu dapat diwujudkan," pungkasnya. (B)

Reporter: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga