Disiapkan 173 Titik Tempat Pelaksanaan Salat Idul Fitri di Kolaka Utara

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 12 Mei 2021
0 dilihat
Disiapkan 173 Titik Tempat Pelaksanaan Salat Idul Fitri di Kolaka Utara
Masjid Agung Bahrurasyad Wal Ittihad Lasus Kolaka Utara siap menggelar salat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H/13 Mei 2021 M. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Masyarakat boleh melaksanakan salat Idul Fitri di masjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Masyarakat Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) akan melaksanakan salat Idul Fitri 1442 H/2021 M di 173 titik yang tersebar di 15 kecamatan.

Saat dikonfirmasi Telisik.id, Sekertaris Daerah (Sekda) Kolaka Utara, Dr. Taufiq Sonda, SP. MM mengungkapkan, masyarakat boleh melaksanakan salat Idul Fitri di masjid.

"Masyarakat boleh melaksanakan salat Idul Fitri di masjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19," kata Sekda Kolut, Rabu (12/5/2021).

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kolaka Utara, Muhammad Kadir Azis, S.Ag M.Si menjelaskan, berdasarkan hasil komunikasi dengan Tim Gugus Tugas COVID-19, saat ini Kolaka Utara masih memungkinkan untuk menggelar salat Idul Fitri secara berjemaah di masjid dikarenakan Kolaka Utara masuk kategori zona kuning.

"Sejauh ini salat Idul Fitri masih dibolehkan digelar di masjid karena waktu kita rapat hari Kamis yang lalu Kolaka Utara masuk kategori zona kuning dan memungkinkan untuk dilaksanakan," jelasnya.

Baca juga: Dion, Remaja Difabel Asal Baubau Melaju ke Grand Final Dai Spesial Indonesia

Baca juga: H-1 Lebaran, RPH Sembelih 80 Ekor Sapi Sehari

Menurutnya, sejauh ini selama tidak ada larangan, masyarakat di 15 kecamatan se-Kabupaten Kolaka Utara telah siap menggelar salat Idul Fitri di masjid pada hari Kamis, 13 Mei 2021 besok.

"Selama tidak ada larangan, masyarakat sudah siap menggelar salat Idul fitri 1442 H di 173 titik di 15 kecamatan," tukasnya.

Muhammad Kadir Azis berharap masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan COVID-19 selama pelaksanaan salat Idul Fitri sehingga satu sisi kita dapat melaksanakan ibadah dengan baik, namun di sisi lain kita juga dapat menjalankan kebijakan pemerintah.

"Kita patut bersyukur karena tahun ini kita sudah diperbolehkan menggelar salat Idul Fitri secara berjemaah di masjid dibanding tahun lalu. Olehnya itu, kami berharap masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan," pintanya.

Ia juga meminta kepada masyarakat agar pelaksanaan salat Idul Fitri tidak terfokus pada satu titik.

"Artinya, masyarakat melaksanakan salat Id itu di sekitar tempat tinggal masing-masing karena sengaja masjid-masjid itu dibuka agar jemaah tidak terfokus pada satu titik yang dapat menimbulkan kerumunan massa melebihi batas yang telah di tetapkan yakni 50 persen dari kapasitas masjid," pungkasnya. (B)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga