Disketapang Kota Kendari Beri Subsidi di Bazar Pangan Murah

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 08 November 2022
0 dilihat
Disketapang Kota Kendari Beri Subsidi di Bazar Pangan Murah
Warga Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari antusias untuk mendapat kupon pangan murah di bazar pangan murah, Selasa (8/10/2022). Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Kenaikan tingkat inflasi sebagai dampak kenaikan BBM sejak awal September lalu, pasalnya sangat dirasakan masyarakat saat ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Kenaikan tingkat inflasi sebagai dampak kenaikan BBM sejak awal September lalu, pasalnya sangat dirasakan masyarakat saat ini.

Sebagai upaya menekan laju inflasi yang ada, Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Kendari mengadakan bazar pangan murah di 22 lokasi di Kota Kendari.

Sampai saat ini, program tersebut sudah menjangkau tiga titik, yaitu Kecamatan Baruga, Kadia, Puuwatu dan akan terus dilaksanakan bergilir hingga akhir Tahun 2022.

Baca Juga: Hubungi Nomor Ini, Cyber Crime Polda Sulawesi Tenggara Siap Tampung Aduan Masyarakat 24 Jam

Kepala Disketapang, Hasria menjelaskan, program tersebut diadakan sebagai upaya menurunkan tingkat inflasi, ia melaporkan laju inflasi di Kota Kendari saat ini berada di angka 0,26 persen per November 2022.

Meski terlihat kecil, namun secara agregat tingkat inflasi di Sulawesi Tenggara mencapai angka 6 persen. Sehingga Hasria berharap laju inflasi dapat ditekan dengan program bazar tersebut.

Ia menambahkan, pihaknya memberikan subsidi untuk pangan yang dijual di bazar tersebut, sehingga harganya lebih murah dibanding dengan pangan di pasar.

Baca Juga: BKKBN Sasar Pasangan Keluarga Muda untuk Percepatan Penurunan Stunting

Untuk beras, subsidi yang diberikan sebesar Rp 1.000 per kilogram. Bawang merah, bawang putih, cabai besar dan cabai rawit disubsidi Rp 5.000 per kilogramnya. Sedangkan telur ayam ras, minyak goreng dan gula pasir mendapat subsidi Rp 2.000.

Adapun jenis pangan bawang dan cabai yang paling tinggi jumlah subsidinya, karena menurut Hasria, jenis pangan tersebut memiliki tingkat fluktuasi yang tinggi.

Sebagai warga Kota Kendari, Resi sangat antusias menyambut bazar yang diadakan pemerintah tersebut. Menurutnya, bazar pangan murah sangat membantu mengurangi pengeluaran sebagai ibu rumah tangga. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga