Ditanya Soal Anggaran Raker ke Toba, Sekwan DPRD Sumut Malah Marah

Ones Lawolo, telisik indonesia
Selasa, 22 September 2020
0 dilihat
Ditanya Soal Anggaran Raker ke Toba, Sekwan DPRD Sumut Malah Marah
Sekwan DPRD Sumut, Afifi Lubis. Foto: Ones Lawolo/Telisik

" Anggaran itu gak tau saya. Kau tanya saja di bagian PPK-nya (Pejabat Pembuat Komitmen). "

MEDAN, TELISIK.ID - Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Sumatera Utara, Afifi Lubis menghindar saat ditanya terkait jumlah anggaran yang dialokasikan untuk pelaksanaan rapat kerja (Raker) anggota dewan yang digelar di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Rabu (16/9/2020) lalu.

Ketika diwawancarai Telisik.id, Afifi Lubis terkesan membungkam dan gugup saat ditanya soal anggaran yang digunakan anggota DPRD Sumut pada Raker di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba tersebut.

Dia menjawab kepada Telisik.id, sambil memarahi saat dicecar usai mengikuti rapat paripurna DPRD Sumatera Utara, Selasa (22/9/2020).

"Anggaran itu gak tau saya. Kau tanya saja di bagian PPK-nya (Pejabat Pembuat Komitmen)," jawab Afifi Lubis dengan nada tinggi kepada Telisik.id.

Afifi Lubis juga mengakui, pihaknya belum tahu total perincian transportasi dan penginapan di hotel berbintang anggota DPRD Sumatera Utara yang ikut pada Raker tersebut.

"Saya bilang kurang tahu. Jadi apa yang ditanya lagi," ujarnya sambil menuju ruangannya.

Dia mengatakan, pihaknya harus melihat dulu total Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) setiap anggota dewan dan berapa anggaran yang dialokasikan untuk masing-masing anggota dewan yang berjumlah 100 orang. Terlebih, disebut-sebut anggaran itu menelan biaya sebesar Rp 2,5 miliar.

Baca juga: MTQ XXVIII, Buton Andalkan Cabang Hafalan Quran

"Nanti saya lihat di SPPD. Kau yang bilang, Sekwan nggak tahu. Kau pun berurusan sekali tentang anggaran Raker itu," tandasnya.

Terpisah, Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting saat ditanya, mengaku tidak tahu anggaran yang digunakan di Raker di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba.

Dia juga memberitahukan untuk mengkonfirmasi ke Sekwan.

"Saya kurang tau juga. Coba tanya ke Sekwan ya," paparnya.

Sebelumnya, anggota DPRD Sumut melakukan Raker di tengah pandemi COVID-19 di Kecamatan Balige yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Toba, ada Rabu (16/9/2020).

Keberangkatan anggota dewan itu, tanpa ada sosialisasi kepada Publik. Meskipun, dugaan anggaran tertelan berkisar Rp 2,5 miliar yang diambil dari APBD Sumut.

Rapat kerja itu juga dilakukan selama tiga hari berturut-turut di sebuah hotel berbintang empat di Kabupaten Toba.

Reporter: Ones Lawolo

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga