Ditanya Soal Politik Dinasti, Ini Jawaban Kaesang Pangarep

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Minggu, 24 Desember 2023
0 dilihat
Ditanya Soal Politik Dinasti, Ini Jawaban Kaesang Pangarep
Suasana diskusi bersama Kaesang pada acara Kopi Santuy di Kopi Kita. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik

" Kaesang dibombardir dengan pertanyaan-pertanyaan terkait isu yang belakangan ini menyerang kubu capres cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka "

KENDARI, TELISIK.ID – Meski terlambat tiba di Kota Kendari, Kaesang Pangarep, Ketua Umum (ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI), pecahkan suasana malam diskusi dan sosialisasi di Kopi Kita 2, bersama pemuda.

Acara sosialisasi dan diskusi bersama kaum milenial di Kota Kendari dipimpin oleh Kaesang Pangarep. Kaesang dibombardir dengan pertanyaan-pertanyaan terkait isu yang belakangan ini menyerang kubu capres cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Satu di antaranya adalah isu politik dinasti yang belum lama ini menjadi perhatian publik atas dicalonkannya Gibran Rakabuming Raka sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Bagaimana tanggapan mas terkait isu politik dinasti yang belakangan ini menyeret keluarga besar Mas Kaesang, bahwasanya keluarga mas menguasai seluruh Indonesia?,” tanya Candra salah satu partisipan dalam acara Kopi Santuy di Kopi Kita 2.

Menjawab itu, Kaesang menerangkan, terkait politik dinasti yang menyeret nama keluarga besarnya, kembali lagi pada konsep demokrasi di Indonesia yang mengusung one men one vote. Meskipun di dalamnya tercium dinasti politik, masyarakat bebas untuk memilih antara suka dan tidak suka.

Baca Juga: Kedatangan Ketum PSI Kaesang Pangarep di Kota Kendari Molor

“Untuk politik dinasti kembali lagi kepada perpolitikan Indonesia yang one man one vote, jadi sekalipun Mas Gibran jadi calon wakil presiden, tetapi kalau ada yang tidak suka, masyarakat bebas untuk tidak memilih,” terang Kaesang.

Ia juga melanjutkan tanggapannya terkait politik dinasti yang dilayangkan kepada keluarganya, khususnya kepada Presiden ke-7 RI Jokowi. Ia menegaskan, tidak ada intervensi di dalamnya ataupun tindakan mengintimidasi Mahkamah Konstitusi dengan menggunakan kekuasaan presiden.

Baca Juga: Band Lokal Saily, Hibur Pengunjung Soda Fest Sembari Nunggu Kaesang Pangarep

Ia mengakui sulit untuk mengubah keyakinan seseorang yang sudah mempunyai keyakinan dalam konteks ini percaya bahwa semua tuduhan politik dinasti itu benar terjadi di keluarganya.

“Ketika saya menjelaskan hal seperti ini mau sampai berbusa-busa, namun nyatanya masih banyak yang tidak percaya ya susah juga. Tapi kembali lagi semua orang punya pilihan untuk tidak percaya dan percaya,” tutup Kaesang mengakhiri sesi tanya jawab.

Di akhir pernyataannya, Kaesang mengatakan, kualitas Gibran Cawapres nomor urut 2 di debat cawapres kemarin malam sudah membuktikan bahwa dia orang yang berkualitas. Ia juga mengatakan bahwa Gibran adalah versi jauh lebih baik dari pada sang Bapak H. Ir. Joko Widodo. (B)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga