Dito Ariotedjo jadi Menpora Belum Lapor Harta ke KPK, Anak Bos Tambang

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 04 April 2023
0 dilihat
Dito Ariotedjo jadi Menpora Belum Lapor Harta ke KPK, Anak Bos Tambang
Dito Ariotedjo bersama Presiden Joko Widodo. Dito saat ini resmi menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga menggantikan Zainudin Amali. Foto: Repro Republika.co.id

" Dito Ariotedjo dilantik menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Senin (3/4/2023) sore "

JAKARTA, TELISIK.ID - Dito Ariotedjo terpilih menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Kader muda Golkar tersebut resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Senin (3/4/2023) sore.

Diketahui Menpora baru ini belum melaporkan harta kekayaannya. Hal itu terlihat dari penelusuran data LHKPN KPK, nama Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau Dito Ariotedjo tak ditemukan.

Padahal Dito Ariotedjo diketahui memiliki bidang usaha dan bisnis bareng artis Raffi Ahmad. Dito Ariotedjo lahir di Jakarta, 25 September 1990. Ia lahir dari pasangan Arie Prabowo Ariotedjo dan Arti Laksmigati Ariotedjo.

Ayahnya aktif di industri pertambangan Indonesia. Sang ayah pernah menjadi bos tambang di antaranya sebagai Presiden Direktur PT Medco Energi Mining Internasional, Direktur Niaga PT Bukit Asam Tbk, dan Direktur Utama PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) periode 2017-2019.

Melansir Idntimes.com, Dito merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara. Kakaknya yang pertama adalah Aryo Prakoso Ariotedjo, seorang pebisnis start up. Sedangkan kakak keduanya, Mesty Ariotedjo berkarier sebagai dokter spesialis anak, pendiri Tentang Anak, dan influencer kesehatan.

Baca Juga: Siapa Calon Menpora Dito Ariotedjo? Ini Profilnya

Dito merupakan lulusan SD Tarakanita 2 Jakarta, SMP Al-Izhar Jakarta, dan SMAN 6 Jakarta. Kemudian ia melanjutkan pendidikan tingginya di Fakultas Hukum, Universitas Indonesia.

Pada 31 Maret 2018, Dito menikah dengan Niena Kirana Riskyana. Mereka kini dikaruniai seorang putri bernama Sadia Kiera Nadashana.

Selain itu, diketahui Dito merupakan pebisnis handal. Ia telah mendirikan perusahaan start up di bidang energi, pertahanan, coworking space yang berada di bawah payung induk perusahaan Grupara Ventures.

Dito juga dipercayai untuk menjabat sebagai komisiaris utama PT. Kartika Kara Eka Nusa serta Syailendra Pangan Indonesia.

Melansir Suara.com jaringan Telisik.id, usai mencoba keberuntungannya di dunia bisnis dan terbukti berhasil, Dito akhirnya memutuskan untuk terjun ke politik. Pria lulusan Universitas Indonesia ini merupakan kader Partai Golkar periode 2016-2021.

Berkat kepiawaiannya dalam berorganisasi, Airlangga mempercayakan Dito untuk menjabat Ketua DPP Partai Golongan Karya Bidang Inovasi Sosial dan Ormas.

Baca Juga: KPK Berhentikan Dirlidik Endar Priantoro

Dito juga akhirnya 'naik kelas' menjadi Kepala Lembaga Inovasi dan Kreativitas DPP Partai Golkar.

Airlangga juga menunjuk Dito untuk masuk ke jajaran tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia.

Airlangga yang menyadari kompetensi Dito akhirnya mengusulkan namanya ke Jokowi untuk menjadi Menpora baru menggantikan Zainudin Amali yang mengundurkan diri setelah terpilih menjadi Wakil Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga