DLH Kota Kendari Bakal Tingkatkan Armada dan Infrastruktur Pengangkut Sampah

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 28 Juni 2024
0 dilihat
DLH Kota Kendari Bakal Tingkatkan Armada dan Infrastruktur Pengangkut Sampah
Pj wali kota mengapresiasi para petugas kebersihan, karena tanpa mereka Kota Kendari akan kumuh dan tidak sehat. Foto: Ist

" Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Kendari bakal meningkatkan armada dan infrastruktur pengangkut sampah sebagai upaya untuk memperbaiki sistem pengelolaan sampah dan mendukung program penataan kota "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Kendari bakal meningkatkan armada dan infrastruktur pengangkut sampah sebagai upaya untuk memperbaiki sistem pengelolaan sampah dan mendukung program penataan kota.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Kendari, Paminuddin menyampaikan bahwa penambahan dan peremajaan armada pengangkut sampah adalah prioritas utama untuk memastikan efisiensi dan efektivitas pengangkutan sampah di seluruh kota.

Dengan armada yang lebih modern dan memadai, lanjut Paminuddin, itu dapat meningkatkan frekuensi dan jangkauan layanan pengangkutan sampah, sehingga masalah penumpukan sampah di berbagai titik dapat diminimalisir.

Selain penambahan armada, pihaknya juga fokus pada pembangunan dan renovasi infrastruktur pendukung seperti depo sampah dan jalur pengangkutan. Dimana dengan infrastruktur yang baik akan mempermudah proses pengangkutan dan pengelolaan sampah.

"Kami berencana untuk membangun depo-depo sampah baru di beberapa lokasi strategis serta memperbaiki jalur pengangkutan sampah yang ada," jelas Paminuddin.

Baca Juga: Pemkot Kendari Bakal Bangun Drainase Terintegrasi untuk Penataan Kota Terhindar Banjir

Dengan adanya peningkatan armada dan infrastruktur pengangkut sampah, Paminuddin berharap Kota Kendari dapat mengatasi masalah penumpukan sampah, meningkatkan efisiensi pengelolaan sampah, dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

"Kami optimis bahwa langkah ini akan membawa perubahan positif bagi kota dan masyarakat," kata Paminuddin.

Petugas kebersihan DLHK Kota Kendari saat berjumpa Pj Wali Kota Kendari. Foto: Ist.

 

Tempat yang berbeda, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara melalui Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Provinsi Sulawesi Tenggara akan membeli truk pengangkut sampah dan akan diberikan kepada Pemerintah Kota Kendari.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Kontruksi dan Tata Ruang Provinsi Sulawesi Tenggara, Martin Efendi Patulak mengakui harga truk pengangkut sampah cukup mahal. Ia memperkirakan harga satu unit truk pengangkut sampah sekira Rp 700 juta.

Pengerukan saluran air yang dipenuhi sampah rumah tangga akibat kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah di tempatnya. Foto: Ist.

 

"Pengadaan truk itu untuk membantu Pemkot Kendari guna menjaga kebersihan kota. Tahun ini, truk hanya untuk Kendari. Ke depan, kita juga akan mendukung daerah lain dengan truk, seperti Muna, Buton, Konawe, Konsel, Kolaka dan lainnya. Kita lakukan secara bertahap," paparnya.

Martin mengatakan, saat ini, pengadaan truk sedang dalam proses lelang. Termasuk dengan bak sampah. Tahun 2023 lalu, pihaknya sudah menyerahkan 15 bak sampah untuk Pemkot. Mereka usul 75 titik bak sampah, tapi baru 15 bak yang direalisasikan.

Tempat pembuangan sampah sementara yang telah dipenuhi oleh sampah. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

 

Ia menambahkan, dengan adanya bak sampah, akan memudahkan petugas untuk mengangkut sampah. Yang penting, warga membuang sampah di dalam bak.

Sementara itu, Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup memberikan apresiasi pada para petugas kebersihan, karena tanpa mereka Kota Kendari ini akan kumuh dan tidak sehat.

Baca Juga: Pemkot Kendari Jajaki Kerja Sama dengan Naturevolution dalam Pengelolaan Sampah

"Kita lihat saja kondisi di TPA sekarang, hanya beberapa hari saja tumpukan sampah menjadi banyak, semoga bapak ibu bisa lebih menjaga kebersihan dan kesehatannya untuk Kota Kendari yang kita cintai ini," ungkapnya.

Selanjutnya, Pj Wali Kota Kendari juga mengaku akan terus memperhatikan kesejahteraan para petugas kebersihan, karena mereka adalah pejuang kebersihan.

"Maka dari itu, juga harus seimbang dengan tugas-tugas bapak ibu lakukan, semakin bersih Kota Kendari semakin baik kesejahteraan bapak ibu," tuturnya. (C-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga