DLHK: Hampir Semua Pohon di Kota Kendari Rawan Tumbang

Mutarfin, telisik indonesia
Senin, 23 Desember 2019
0 dilihat
DLHK: Hampir Semua Pohon di Kota Kendari Rawan Tumbang
Umumnya pohon yang berada di tepi jalan di Kota Kendari, sudah berusia tua, sehingga rawan tumbang. Foto: Mutarfin/Telisik

" Kami sudah mulai memilih-milih mana pohon yang sudah berumur dan membahayakan keselamat masyarakat kami akan melakukan pemangkasan. Untuk itu, kami butuh bantuan dari masyarakat agar memberikan laporan dan bisa juga memasukkan surat permohonan untuk penebangan pohon. "

KENDARI,TELISIK.ID - Cuara ekstrim, hujan disertai angin kencang mulai melanda Kota Kendari.

Belum lama ini tepatnya saat hujan, sebuah pohon besar di pinggir jalan di wilayah Kelurahan Kemaraya, Kendari Barat, dan Kelurahan Watulondo, Kecamatan Puuwatu, tumbang dan nyaris menimpa pengendara yang melintas.

Menutut keterangan Sekretaris Dinas Lingungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari, Sugianto, kondisi pohon-pohon yang ada di Kota Kendari hampir semua masuk kategori rawan.

"Hampir semua pohon di Kota Kendari memang agak rawan karena semua adalah pohon-pohon yang sudah tua, seperti yang ada di pingir-pinggiran jalan," ungkapnya, Senin (23/12/2019).

Rata-rata pohon yang ada di  Kota Kendari ini umurnya sudah mencapai 30-40 tahun  dan ada juga pohon-pohon yang baru ditanam, berumur sekitar 10 tahunan, yaitu jenis trambesi.

Pohon trambesi tergolong yang penyebarannya cukup banyak di Kota Kendari dan pohon ini termasuk rawan. Untuk penghijauan memang pohon ini baik, tapi agak rawan.

Di sisi lain, pohon dibutuhkan untuk penghijauan sebab memelihara pohon dibutuhkan waktu yang cukup lama. Jadi sayang bila harus ditebang.

"Kami sudah mulai memilih-milih mana pohon yang sudah berumur dan membahayakan keselamat masyarakat kami akan melakukan pemangkasan. Untuk itu, kami butuh bantuan dari masyarakat agar memberikan laporan dan bisa juga memasukkan surat permohonan untuk penebangan pohon," tambahnya.

Saat ini sudah banyak permohonan dari warga yang meminta dilakukan penebangan pohon karena khawatir tumbang.

Baca Juga: Belum Setahun, Kanal di Tongkuno Sudah Jebol

"Kami akan tinjau ke lapangan, kalau memang membahayakan kami akan langsung tebang," imbuhnya.

DLHK Kendari mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap cuaca ekstrim yang kapan saja bisa mengakibatkan pohon tumbang.

Reporter: Mutarfin
Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga