DLHK Kendari Kerahkan 153 Petugas untuk Rawat RTH

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 04 Februari 2021
0 dilihat
DLHK Kendari Kerahkan 153 Petugas untuk Rawat RTH
Para petugas DLHK Kendari sedang merawat tanaman di median jalan. Foto: Ist.

" Ruang terbuka hijau memiliki banyak manfaat bagi masyarakat, apalagi yang berada di perkotaan "

KENDARI, TELISIK.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) mengerahkan sebanyak 153 petugas yang dikhususkan untuk menjaga dan merawat Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Tata Lingkungan DLHK Kendari, Adi Jaya Purnama. Menurutnya, ruang terbuka hijau memiliki banyak manfaat bagi masyarakat, apalagi yang berada di perkotaan.

Salah satu manfaatnya, kata dia, adalah dapat mengurangi tingkat stres masyarakat perkotaan. Di mana, masyarakat perkotaan sering mengalami stress baik diakibatkan karena pekerjaan maupun keluarga.

Olehnya itu, tambah dia, untuk menjaga dan merawat RTH ini pihaknya mengerahkan sebanyak 153 petugas yang disebar diberbgaia RTH yang ada di Kota Kendari.

“Ada sebanyak 153 petugas yang dibagi ke tujuh unit, di antaranya unit median, median tersebar, pemangkasan, pembabat berem, pembibitan, penyiraman, dan Kendari Beach,” katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Selain itu lanjutnya, RTH setiap tahun volumenya terus bertambah. Di mana, pada tahun 2017 luas RTH di Kota Kendari 130 hektar, sedangkan di tahun 2021 ini menjadi 170 hektar.

“Dalam waktu empat tahun, dari tahun 2017 sampai 2021 ini, RTH di Kota Kendari sudah bertambah sebanyak 40 hektar, yaitu dari 130 menjadi 170 hektar lebih. Jumlah ini akan bertambah, bahkan bisa sampai 180 hektar sampai tahun depan,” lanjutnya.

Senada dengan itu, Kepala DLHK Kendari, Nismawati mengungkapkan, luas RTH yang harus disediakan untuk satu wilayah daerah yaitu sekitar 30 persen dari luas kota. Hal ini agar pembangunan dan RTh dapat seimbang.

Baca Juga: Video: 9 Armada Baru DLHK Dilaunching 17 Agustus

Baca Juga: Video: Bidang Kebersihan DLHK Kendari Memiliki 3 Peran

“Jadi luas RTH harus 30 persen dari luas kota kita,” ujarnya.

Semantara itu, salah seorang warga Kota Kendari, Abu Fatih mengapresiasi Pemkot Kendari yang terus melakukan perawatan terhadap RTH dan taman.

Sebab, kata dia, ruang terbuka hijau ini baik yang ada di media maupun taman membuat warga masyarakat merasa nyaman.

“Bagus kalau banyak RTH, kota terlihat asri. Warga kota juga segan kalau mau menginjak median yang sudah ada tanamannya,” ujarnya. (A-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Baca Juga