DLHK Kendari Rawat RTH hingga Batas Kota

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 06 Februari 2021
0 dilihat
DLHK Kendari Rawat RTH hingga Batas Kota
Perawatan RTH median jalan. Foto: Ist.

" Pemerintah Kota melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan menjaga dan merawat ruang terbuka hijau hingga batas kota. "

KENDARI, TELISIK.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) menjaga dan merawat ruang terbuka hijau (RTH) hingga batas kota.

Kepala Bidang Tata Lingkungan DLHK Kendari, Adi Jaya Purnama mengatakan, dalam perawatan dan penataan ini, pihaknya membagi tujuh seksi yang khusus menangani RTH, baik taman maupun median jalan.

Ketujuh unit tersebut yakni, unit pembabatan median, pembabat berem, median tersebar, taman Kendari Beach, pemangkasan, pembibitan, dan unit penyiraman.

“Dari tujuh seksi khusus RTH ini, terdapat petugas sebanyak 153 orang. Mereka menjaga dan merawat median jalan dan taman hingga batas kota,” katanya, belum lama ini.

Baca juga: Resmi Dilaunching, Gerakan Bisa Berbagi Ajak Umat Berkontribusi Cetak Generasi Qurani

Baca juga: Ini Persiapan Calon Paskibraka HUT RI di Sultra

Salah satu RTH batas kota yang dirawat yakni, di taman gerbang Kota Kendari – Konawe Selatan dan di sepanjang jalan Abeli Dalam yang merupakan jalan tembusan Kecamatan Baruga ke Kecamatan Puuwatu.

Selan itu, ia melanjutkan, dalam melakukan perawatan ini pihaknya sering kali melibatkan warga setempat. Hal ini dilakukan dalam rangka menumbuhkan rasa kepemilikan dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

"Keterlibatan masyarakat ini sudah sering dilakukan, seperti kegiatan penanaman pohon di median jalan. Dengan begitu, masyarakat akan ikut aktif dalam menjaga dan merawat tanaman di median jalan,” tambahnya.

Sementara itu, salah seorang warga Kota Kendari, Abu Fatih mengaku senang ketika setiap jalan bersih dan tertata rapi. Sebab, itu dapat membuat masyarakat juga merasa nyaman.

“Kita senang juga kalau kota kita ini bersih dan tertata rapi. Apalagi, Kendari ini menjadi pusat ibu kota Provinsi Sultra, sehingga kebersihan dan ketaatan RTH dan tamannya harus terjaga,” ujarnya. (B-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Baca Juga