DLHK Kendari Ungkap Alasan Kelurahan Benua Nirae Tak Terjamah Truk Sampah

Apriliana Suriyanti, telisik indonesia
Kamis, 23 Desember 2021
0 dilihat
DLHK Kendari Ungkap Alasan Kelurahan Benua Nirae Tak Terjamah Truk Sampah
Truk angkutan sampah DLHK Kota Kendari. Foto: Dok. Telisik

" DLHK Kota Kendari mengungkapkan bahwa Kecamatan Abeli tak dijangkau oleh truk pengangkut sampah katana wilayah tersebut belum darurat sampah "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari angkat bicara soal Kecamatan Abeli yang tak dijangkau oleh truk pengangkut sampah.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Persampahan dan Pengelolaan Limbah B3 DLHK Kendari, Adi Jaya Purnama menilai, wilayah Kelurahan Benua Nirae tidak darurat sampah.

Hal ini disampaikan pasca BEM Vokasi UHO gelar pengabdian masyarakat pada Rabu (22/12/2021) lalu, yang kegiatan di dalamnya yaitu membantu menyiapkan tempat sampah di Kelurahan Benua Nirae lantaran tidak dijangkau oleh truk sampah DLHK Kota Kendari.

"Mestinya adik-adik mahasiswa sasarannya di kampus dulu, DLHK Kota Kendari baru-baru ini adakan sosialisasi soal pembuatan kontainer sampah, Lurah Benua Nirae juga hadir pada saat itu dan tidak ada masalah soal persampahan di kelurahannya," katanya, Kamis (23/12/2021).

Adi Jaya menegaskan, DLHK Kota Kendari dalam hal ini sangat responsif terhadap penanggulangan sampah di seluruh wilayah Kota Kendari.

"Kalau Lurah Benua Nirae minta disediakan TPS kami siap, armada kami siap angkut sampah sampai di kelurahan tersebut. Tapi memang di Benua Nirae belum darurat sampah, ditambah lahannya yang masih luas," tegasnya.

"Sudah tersedia juga motor viar untuk mengangkut sampah, itu bisa digunakan untuk membawa semua sampah-sampah ke TPS dekat Polsek Abeli untuk selanjutnya diangkut oleh truk sampah," tambahnya.

Baca Juga: Hujan Deras, Ban Mobil Truk Tertahan Tanah di Jalan Rusak

Sementara itu, Kepala DLHK Kota Kendari, Nismawati mengatakan, armada pengangkut sampah saat ini berjumlah 47 truk dengan pelayanan ke seluruh wilayah Kota Kendari.

"Jangankan Abeli, bahkan Purirano pun armada kami beroperasi sampai di perbatasan sana. Itu karena pemerintah setempatnya memang membutuhkan," katanya.

Baca Juga: Karena Kesederhanaan, Ratusan Warga Kelurahan Watu-Watu Antusias Ikut Vaksinasi

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, truk pengangkut sampah yang tidak masuk di Kelurahan Benua Nirae bukan karena persampahan di kelurahan tersebut tidak menjadi perhatian DLHK Kota Kendari.

"Saya tidak tahu, apakah adik-adik mahasiswa itu adalah masyarakat luar atau masyarakat setempat, yang jelas pemerintah Kelurahan Benua Nirae termasuk Kelurahan Tobimeita menyatakan mampu mengelolah sampahnya sendiri," pungkasnya. (B)

Reporter: Apriliana Suriyanti

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga