DLHK Minta Sampah Pasar Dibuang Langsung ke TPA

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 07 Juni 2021
0 dilihat
DLHK Minta Sampah Pasar Dibuang Langsung ke TPA
Tumpukan sampah di Pasar Baruga. Foto: Ibnu/Telisik

" Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari minta sampah yang berasal dari pasar langsung dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari minta sampah yang berasal dari pasar langsung dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Persampahan dan Pengelolaan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kendari, Zulkarnaim. Ia megaskan agar sampah tak ikut ditampung di Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

"Padahal pasar ini kita sudah arahkan untuk buang langsung ke TPA," ucapnya Jumat (4/6/2021).

Baca juga: Jaga Kebersihan Kota, DLHK Kendari Tambah Armada Pengangkut Sampah Tiap Tahun

Baca juga: Yuk Ringankan Tugas Pengangkut Sampah, Begini Caranya

Ia juga mengatakan, kalau untuk sampah pasar akan dikelola sendiri untuk dibuang ke TPA.

Sedangkan untuk penanganan sampah di Kota Kendari, Zulkarnaim menuturkan, telah terakomodir dengan baik.

"Secara umum iya sudah, hanya memang ada beberapa lokasi yang biasanya tidak mampu diangkat satu kali dalam satu ret angkutan seperti di Jalan Asrama Haji dan Puskesmas Jati Raya," tuturnya.

Sampah memang erat kaitannya dengan kesehatan masyarakat karena sampah dapat menyebabkan suatu penyakit. Salah satu faktor yang menyebabkan permasalahan sampah yaitu partisipasi masyarakat yang kurang untuk memelihara dan membuang sampah pada tempatnya. Sampah banyak ditemukan pada tempat-tempat umum, salah satu tempat umum yang menghasilkan sampah adalah pasar tradisional. (B-Adv).

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga