Doa dan Zikir Sebelum Tidur Agar Tak Diganggu Setan

Haerani Hambali, telisik indonesia
Jumat, 19 Mei 2023
0 dilihat
Doa dan Zikir Sebelum Tidur Agar Tak Diganggu Setan
Disunnahkan berdoa dan berzikir sebelum tidur, agar terhindar dari gangguan setan dan jin selama tidur. Foto: Repro Hijabista.com.my

" Rasululllah SAW dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Abu Dawud menjelaskan pentingnya doa dan zikir serta selalu dalam keadaan suci saat hendak tidur "

KENDARI, TELISIK.ID - Godaan setan dan jin akan bergerilya ketika manusia sedang tertidur lelap. Hal ini dikarenakan ketika tertidur, tubuh manusia keadaannya sangat lemah. Karena itu, disunnahkan membaca doa dan zikir sebelum tidur agar tak diganggu setan dan jin.

Rasululllah SAW dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Abu Dawud menjelaskan pentingnya doa dan zikir sebelum tidur.

Dalam hadis itu kita diingatkan bahwa saat hendak tidur, sebaiknya selalu dalam keadaan suci, senantiasa berzikir dan berdoa.

"Barangsiapa yang berbaring di atas kasurnya dalam keadaan suci, dan dia berzikir kepada Allah hingga dia mengantuk, tidaklah berbalik sesaat dari waktu malam ketika dia memohon kebaikan dunia dan akhirat, melainkan Allah akan mengabulkannya.” (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud).

Dikutip dari Akurat.co, sebagian ulama secara spesifik menganjurkan membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas dan Al-Fatihah ketika akan tidur.

Sementara disebutkan dalam Al-Adzkar, Imam An-Nawawi menyebutkan, ada sebuah doa agar kita tidak diganggu oleh makhluk yang buruk yang dapat mengganggu manusia yaitu:

Baca Juga: Baca Doa dan Zikir Ini untuk Menangkal Santet atau Ilmu Hitam

A’udzu bikalimatillahittammati min syarri maa khalaq

Artinya: "Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya."

Disebutkan dalam Bincangsyariah.com, Imam Ahmad dan Imam An-Nasa’i meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, barangsiapa membaca doa ini pada sore hari sebanyak tiga kali, tidak berbahaya baginya sengatan (binatang berbisa) pada malam itu.

Doa dan Zikir Sebelum Tidur

Dikutip dari Kompas.tv, berikut ini zikir dan doa sebelum tidur.

1. Membaca Surat An Naas dan Al Falaq

Surat ini sering disebut surat Al-Mu’awidzatain, dua surah yang melindungi.

Hal ini berdasarkan hadis Nabi, sebuah anjuran terhadap sahabat Uqbah.

“Bacalah Wahai Uqbah, bacalah keduanya setiap kamu tidur dan bangun. Tidaklah seseorang bisa meminta atau berlindung dengan seperti keduanya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Khuzaimah).

2. Membaca Ayat Kursi

Ayat kursi adalah ayat ke-255 dari surat Al Baqarah. Ayat kursi memiliki banyak sekali keutamaan, termasuk salah satunya melindungi orang yang membacanya dari godaan setan.

Baca Juga: Bacaan dan Zikir yang Dianjurkan Diamalkan di Hari Jumat

Itulah kenapa Rasululllah begitu menganjurkan untuk membacanya, apalagi di malam hari.

Sabda Rasulullah: "Apabila engkau mendatangi tempat tidur (pada malam hari) maka bacalah ayat kursi, niscaya Allah SWT akan senantiasa menjagamu, dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi."

3. Baca Doa Sebelum Tidur

Nah, ini doa yang paling sering dibacakan ketika tidur: Bismika Allahumma Ahya wa Amuut.

“Dengan nama-Mu, ya Allah hamba hidup dan dengan nama-Mu pula hamba kelak akan kembali (mati).” (C)

Penulis: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga