Doakan 100 Dokter yang Syahid, Anis Matta Apresiasi Kerja Jurnalis

Rahmat Tunny, telisik indonesia
Selasa, 01 September 2020
0 dilihat
Doakan 100 Dokter yang Syahid, Anis Matta Apresiasi Kerja Jurnalis
Ketua Umum Partai Gelora Indonesia, Anis Matta. Foto: Ist.

" Sudah 100 orang dokter meninggal dunia akibat COVID-19. Jadi kita ini kehilangan makna strategis, bukan hanya pada penanganan COVID-19, melainkan juga kekuatan sektor kesehatan kita. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mencatat sebanyak 100 dokter meninggal dunia sejak pandemi COVID-19 menghantam Indonesia lima bulan terakhir.

Berdasarkan laporan IDI, seluruh dokter tersebut telah dinyatakan positif terinfeksi COVID-19.

"Mari kita berdoa agar para dokter dan tenaga kesehatan yang wafat dalam perjuangan menghadapi COVID-19 diterima sebagai syahid di sisi Allah SWT," kata Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia, Anis Matta, dalam keterangan tertulis ke pada Telisik.id, Selasa (1/9/2020).

Menurut Anis, meninggalnya 100 dokter ini  harus menjadi momentum dan perhatian semua dalam penanganan COVID-19. Sebab, dokter adalah profesi dan keahlian dengan investasi waktu dan biaya yang sangat mahal. Apalagi sampai pada keahlian spesialis tertentu.

"Sudah 100 orang dokter meninggal dunia akibat COVID-19. Jadi kita ini kehilangan makna strategis, bukan hanya pada penanganan COVID-19, melainkan juga kekuatan sektor kesehatan kita," ucapnya.

Kata Anis, 100 dokter tersebut juga berasal dari berbagai daerah, dengan tingkat keahlian dan senioritas yang tentu dibutuhkan bagi pengembangan kesehatan di Indonesia. Bahkan sebagian dokter juga mengajar di berbagai fakultas kedokteran dan lembaga pendidikan kesehatan.

Baca juga: Dewan Bakal Telusuri Aliran Dana Rp 2,7 Juta Per Bulan di Pasar Basah

"Sehingga kehilangan ini juga berdampak bagi pendidikan kedokteran kita. Tidak ada waktu lagi. Semua pihak harus serius melihat pandemi dan dampak strategis yang ditimbulkannya," ujarnya.

Anis Matta menegaskan, kehilangan dokter dan tenaga kesehatan bisa berujung pada lumpuhnya sistem kesehatan kita.

"Dan kita berdoa agar Allah SWT segera memberi kita jalan ke luar dari krisis ini  melalui ilmu pengetahuan," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Partai Gelora Indonesia ini menyampaikan apresiasinya ke pada para jurnalis yang tidak mengenal lelah dalam mewartakan penanganan pandemi COVID-19, meskipun nyawa mereka juga terancam.

"Ternyata benar yang saya dengar, jurnalis tak kenal kata libur. Perang dan bencana pun ditembus untuk menghasilkan berita terbaik ke pada publik. Kami mengapreasiasi tugas para jurnalis, salam kami untuk rekan-rekan jurnalis di seluruh Indonesia," tandas Anis Matta.

Reporter: Rahmat Tunny

Editor: Kardin

Baca Juga