Dokumen Anies-Muhaimin (AMIN) Memenuhi Syarat, Surya Paloh Ingatkan KPU Jaga Integritas dan Adil

Mustaqim, telisik indonesia
Kamis, 19 Oktober 2023
0 dilihat
Dokumen Anies-Muhaimin (AMIN) Memenuhi Syarat, Surya Paloh Ingatkan KPU Jaga Integritas dan Adil
Pasangan bacapres-bacawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar/Cak Imin (AMIN) memberi keterangan kepada para wartawan setelah mendaftar di KPU RI, Kamis (19/10/2023). Foto: Mustaqim/Telisik

" KPU RI menyatakan seluruh dokumen persyaratan pasangan bacapres-bacawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar/Cak Imin (AMIN), memenuhi syarat "

JAKARTA, TELISIK.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan seluruh dokumen persyaratan pasangan bacapres-bacawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar/Cak Imin (AMIN), memenuhi syarat (MS). Seluruh dokumen yang disyaratkan ini diterima KPU pada hari pertama pendaftaran bacapres-bacawapres, Kamis (19/10/2023).

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari, mengakui bahwa seluruh dokumen yang diserahkan tim pasangan AMIN terpenuhi.

"Setelah petugas kami memeriksa seluruh dokumen yang disyaratkan, kami nyatakan telah memenuhi syarat atau MS," jelas Hasyim.

Kalau pun nanti terdapat kekurangan dokumen yang perlu dilengkapi, Hasyim mengatakan, masih ada kesempatan perbaikan.

Setelah pendaftaran hari ini, Hasyim mengingatkan tahap selanjutnya yakni pemeriksaan kesehatan.

"Untuk pemeriksaan kesehatan akan dilakukan di RSPAD Gatot Soebroto dan jadwalnya adalah Sabtu, 21 Oktober (2023)," bebernya.

Baca Juga: Ribuan Pendukung Pasangan AMIN Padati Jalan Sekitar Kantor KPU RI

Hasyim berharap, semua yang terlibat selama proses penyelenggaraan Pemilu 2024, diberi kesehatan dan kekuatan oleh Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa.

"Semoga kita semua bisa memberi kontribusi yang besar bagi penyelenggaraan Pemilu 2024 hingga akhir," harap Hasyim.

Harapan yang sama juga disampaikan oleh Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh. Dia mengingatkan, bukan semata-mata kemenangan yang ingin digapai oleh pasangan AMIN. Tapi, tetap menjaga keutuhan bangsa dan negara selama penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Kita semua tidak menginginkan perpecahan. Kita sangat berharap tetap menjaga persatuan dan kesatuan sehingga bangsa tidak terpecah belah," tegas Paloh.

Namun, Paloh mengingatkan bahwa harapan itu bisa terwujud jika didukung oleh profesional kerja, integritas, kejujuran dari KPU, Bawaslu, dan DKPP sebagai penyelenggara pemilu.

"Kami menaruh harapan besar kepada KPU untuk menjaga integritas, kejujuran, dan adil selama penyelenggaraan Pemilu 2024," harapnya.

Sikap tegas Paloh diamini oleh Anies - Muhaimin. Namun, Anies meminta maaf karena telat datang mendaftar ke KPU sesuai rencana jadwal sebelumnya. Pasangan AMIN sebelumnya menjadwalkan diri daftar ke KPU RI pukul 08:00 WIB.

"Apresiasi besar kepada KPU yang telah menerima pasangan AMIN. Tapi kami sampaikan permohonan maaf karena tidak sesuai jadwal yang direncanakan. Kami tidak hanya terjebak oleh kendaraan, tapi juga oleh massa," ujar Anies.

Baca Juga: 20 Ribu Orang Kawal Anies-Cak Imin Daftar ke KPU, Tim Pemenangan Ingatkan Tetap Tertib

Anies pun menyampaikan terima kasih kepada KPU RI beserta jajaran karena telah bekerja profesional.  Apresiasi ini disampaikan karena seluruh dokumen yang diserahkan telah diperiksa secara baik dan teliti sehingga dinyatakan memenuhi syarat atau MS.

"Alhamdulillah (semua dokumen) lengkap. Terima kasih pada semua petugas yang terlibat untuk kelancaran pendaftaran ini. InsyaAllah pemilu nanti berlangsung tertib, jujur, dan adil," harap Anies.

Pasangan Anies-Muhaimin selain diantar oleh puluhan ribu pendukungnya, keduanya juga ditemani oleh istri masing-masing dan anak mereka.

Setelah pasangan AMIN, Kamis ini juga jadwal pendaftaran pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang baru dideklarasikan sehari sebelumnya, Rabu (18/10/2023).

Pasangan Ganjar-Mahfud sebelumnya dijadwalkan mendaftar pada pukul 11:00 WIB. (A)

Penulis: Mustaqim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga