Donat Unik Dan Aneh di Dunia dari Campuran Hati Angsa hingga Donat Hantu

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 01 November 2022
0 dilihat
Donat Unik Dan Aneh di Dunia dari Campuran Hati Angsa hingga Donat Hantu
Donat hantu lada pedas pertama kali dijual di gerai-gerai restoran Dunkin Donuts di Amerika Serikat pada akhir 2020. Foto: Repro Anehdidunia.com

" Di Indonesia, donat sering dibuat dengan cita rasa yang menggugah selera. Namun beberapa orang membuat kreasi donat yang unik dan aneh "

KENDARI TELISIK.ID - Donat bukanlah makanan spesial. Makanan yang satu ini sudah sangat dikenal oleh orang Indonesia. Bahkan di Indonesia sendiri donat sering dibuat dengan cita rasa yang menggugah selera.

Namun beberapa orang malah membuat kreasi donat yang unik dan aneh, seperti dilansir dari travelingyuk.com dan anehdidunia.com, di antaranya:

1. Donat campuran hati angsa

Donat asal New York ini tak hanya olahan tepung yang gurih. Di dalam donat ini terdapat hati angsa. Bisa dibayangkan bagaimana rasa dari jajanan satu ini kan? Kalau penasaran, datang saja ke Do Or Dine yang terletak di Brooklyn.

2. Burger donat

Baca Juga: Deretan Resep Sayur Praktis Sehat dan Sederhana

Burger sendiri pada dasarnya sepasang roti yang kemudian disisipi dengan aneka macam makanan tambahan, mulai dari daging, sayuran, saos, dan lain sebagainya. Burger Luther atau burger donat adalah nama dari makanan tersebut. Menurut cerita dari mulut ke mulut yang banyak beredar, nama “Luther” pada burger ini diambil dari Luther Vandross, seorang musisi sekaligus pencipta hidangan unik ini.

Menurut versi lain, burger donat awalnya diciptakan oleh pengelola kafe Mulligan’s yang terletak di negara bagian Georgia, Amerika Serikat. Burger merupakan salah satu makanan yang disajikan di restoran tersebut.

3. Donat basil dengan selai nanas

Basil merupakan daun mirip kemangi yang biasa digunakan sebagai penguat makanan Italia. Daun ini juga digunakan sebagai campuran donat di Rise in Durham, Amerika. Bukan hanya itu saja, jajanan ini juga diolesi selai nanas dengan taburan kacang pistachio. 

4. Donat hantu

Baca Juga: Jajanan Segar Station Kini Diminati Warga Kendari

Donat hantu lada pedas adalah nama dari donat yang dimaksud di sini. Donat tersebut pertama kali dijual di gerai-gerai restoran Dunkin Donuts di Amerika Serikat pada akhir 2020.

Sepintas, donat ini nampak tidak berbeda jauh dibandingkan donat-donat biasa. Bagian atas donat ini dilapisi dengan krim berwarna putih dan bintik-bintik berwarna merah. Donat ini diluncurkan untuk menyambut perayaan Halloween di tahun tersebut. Itulah sebabnya donat ini dijual dengan mengusung embel-embel nama “hantu”.

5. Donat jangkrik

Bukan lagi dicampur keju atau basil, kamu bakal berpikir dua kali untuk mencoba donat satu ini. Donat ini bernama Psychobugz yang menggunakan serangga terutama jangkrik sebagai toppingnya. Meski menjijikan, konon rasa kuliner ini terasa lezat karena menggunakan campuran karamel dan cokelat. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga