Dondy Tan Mantap Masuk Islam Setelah 7 Tahun Riset, Kini jadi Pendakwah

Merdiyanto , telisik indonesia
Sabtu, 29 Juni 2024
0 dilihat
Dondy Tan Mantap Masuk Islam Setelah 7 Tahun Riset, Kini jadi Pendakwah
Koh Dondy Tan putuskan jadi mualaf setelah 7 tahun melakukan riset. Foto: Repro Instagram @dondy.tan

" Sosok Dondy Tan menjadi perhatian publik. Pasalnya, banyak yang penasaran dengan kisah mualafnya yang mana awalnya penganut agama Kristen Protestan "

KENDARI, TELISIK.ID - Sosok Dondy Tan menjadi perhatian publik. Pasalnya, banyak yang penasaran dengan kisah mualafnya yang mana awalnya penganut agama Kristen Protestan.

Dondy Tan memutuskan menjadi seorang mualaf pada tahun 2014. Setelah tujuh tahun masa pencarian dan riset. Pria yang akrab disapa Koh Dondy Tan ini sekarang menjadi pendakwah seperti dilansir dari Okezone.com.

Dirinya mantap menjadi mualaf setelah ada keraguan dalam diri akan kitab suci agama yang dianutnya dulu.

Baca Juga: Kisah Davina Karamoy jadi Mualaf, Terketuk Setelah Membaca Surah Al Isra dan Pernah Salat Sebelum Masuk Islam

"Pada saat saya mempelajari ulang, kitab yang saya anggap suci pada waktu itu hasilnya buat saya kok ternyata tidak logis, tidak 100 persen, tetapi banyak yang tidak logis. Kemudian yang kedua tidak dibenarkan atau 'tidak sejalan' dengan ilmu pengetahuan zaman sekarang," ungkap Koh Dondy dalam kanal YouTube Rukun Indonesia.

"Dari kedua hal tersebut akhirnya saya menganggap bahwa ini bukan kitab suci. Akhirnya saya mempelajari yang lain selama tujuh tahun," jelasnya.

Menurutnya agama Islam berbeda dari semua agama yang dipelajarinya. Agama Islam lebih logis dan sesuai ilmu pengetahuan yang kemudian ia menganggap itulah kitab suci. Hal tersebut tidak mungkin dikarang oleh manusia.

Menurut Koh Dondy Tan untuk melihat suatu ajaran tidak boleh fokus pada satu titik saja. Hal tersebut akan menimbulkan perbedaan-perbedaan. Namun jika mempelajari keseluruhan, Islam adalah agama yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan dapat diterapkan dalam sebuah sistem peradilan dan ekonomi.

Sebenarnya, sebelum Koh Dondy Tan memutuskan menjadi seorang mualaf, sang ibu lah yang lebih dulu masuk Islam, dilansir dari Suara.com - jaringan Telisik.id.

Kemudian, ia semakin tertarik dengan Islam setelah mendengar video ceramah dari Ahmed Deedat yang membahas mengenai Bible (Alkitab).

Baca Juga: Seorang Ustaz Dibuat Garuk Kepala, Mualaf Datang ke Masjid dengan Hewan Kurban Ini

Rasa penasarannya pun semakin tinggi sampai ia terus menonton video tersebut sambil memegang Bible dan mencocokkan apa yang dikatakan oleh Ahmed Deedat.

Saat sujud untuk pertama kalinya ia merasa sangat luar biasa, kepala lebih rendah dari jantung, rasanya seperti hamba yang tidak punya apa-apa dan menyembah kepada Yang Maha Kuasa yang Maha Pemilik segalanya.

Tujuan Koh Dondy Tan belajar Islam ternyata bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan juga untuk dibagikan kepada saudara-saudara Muslim lainnya supaya tidak mudah goyah dalam mendalami atau mempelajari agama Islam. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga