Dorong Kualitas Tenaga Perawat, Dinkes Kolaka Lakukan Ini

Muh. Sabil, telisik indonesia
Rabu, 07 Juli 2021
0 dilihat
Dorong Kualitas Tenaga Perawat, Dinkes Kolaka Lakukan Ini
Perawat yang sedang lakukan uji kompetensi. Foto: Repro Gustinerz.com

" Tujuan dari uji kompetensi ini yakni untuk meningkatkan mutu dan profesionalisme pejabat fungsional kesehatan "

KOLAKA, TELISIK.ID - Guna meningkatkan kualitas dan mutu profesi perawat di lingkup Kolaka, Pemkab bentuk tim penguji kompetensi jabatan fungsional (Jabfung) perawat.

Untuk itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolaka melakukan pembentukan serta memberikan pembekalan kepada tim penguji kompetensi Jabfung perawat tersebut.

Staf kepegawaian Dinkes Kolaka, Roslinda, SKM, MPH mengatakan, tim penguji tersebut dipersiapkan untuk menghadapi pelaksanaan ujian kompetensi bagi tenaga perawat yang rencananya akan dilaksanakan pada Agustus tahun 2021 ini.

"Tujuan dari uji kompetensi ini yakni untuk meningkatkan mutu dan profesionalisme pejabat fungsional kesehatan," terang Roslinda kepada Telisik.id, Rabu (7/72021).

"Uji kompetensi ini juga menjadi salah satu syarat untuk kenaikkan jenjang jabatan, berkaitan dengan jenjang karirnya," sambungnya.

Roslinda menjelaskan, dasar pelaksanaan uji kompetensi jabatan fungsional perawat berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 18 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Kesehatan.

Baca Juga: Atasi Kelangkaan, Kejati DKI Jakarta Sediakan Mobil Pengisian Ulang Tabung Oksigen

Baca Juga: Penanganan COVID-19, Muna Keciprat Dana Rp 18 Miliar

Pelaksanaan pembekalan tim penguji kompetensi Jabfung perawat di Kabupaten Kolaka sejatinya telah dilakukan sejak tahun 2019 lalu.

Sementara itu, Humas Dinkes Kolaka, Nasruddin, SKM, MPH mengungkapkan, tim penguji ini nantinya diharapkan mampu menyaring tenaga perawat yang betul-betul memiliki kompetensi dan profesional di bidang keperawatan kesehatan, sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat.

Sebelumnya, pembekalan tim penguji ini dibawakan oleh dua narasumber yang merupakan kerjasama antara Dinkes Kolaka dengan pihak Dinkes Sultra yaitu admin wilayah provinsi Sultra Hariawan, S.kep dan salah satu tim penguji kompetensi Jabfung perawat Sunarty, S.Kep, Ns, M.Kep. (B)

Reporter: Muh Sabil

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga