Dorongan Munaslub Ganti Airlangga, Sarmuji: Tak Ada Pintu untuk Munaslub

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Minggu, 23 Juli 2023
0 dilihat
Dorongan Munaslub Ganti Airlangga, Sarmuji: Tak Ada Pintu untuk Munaslub
Ketua Golkar Jatim, Sarmuji, memastikan tak ada pintu untuk menggelar munaslub karena DPD Golkar provinsi lain tak ada yang mengusulkan. Foto: Ist.

" Tak ada satu DPD-pun mengusulkan munaslub. Sementara syarat munaslub adalah diusulkan oleh dua pertiga DPD Provinsi "

SURABAYA, TELISIK.ID - Dorongan kader Golkar di Jawa Timur agar dilakukan munaslub, disorot petinggi partai berlambang pohon beringin tersebut. Ketua Golkar Jawa Timur Muhammad Sarmuji, angkat bicara terkait polemik munculnya wacana munaslub di Golkar untuk mengganti Ketum Airlangga Hartarto.

Menurut anggota DPR RI ini, tak ada satu DPD-pun mengusulkan munaslub. Sementara syarat munaslub adalah diusulkan oleh dua pertiga DPD Provinsi.

“Bagaimana orang mau jadi ketum, pintunya nggak kebuka," ujarnya singkat, Minggu (23/7/2023).

Sarmuji mengatakan, sampai sejauh ini, pihaknya sudah berkomunikasi dengan DPD Golkar tingkat dua di Jawa Timur dan DPD Golkar provinsi lainnya dan ternyata semua tidak punya keinginan untuk menggelar munaslub.

"Tak ada untuk itu," tegasnya.

Baca Juga: Galang Dukungan Provinsi Lain, Golkar Jawa Timur Dukung Luhut Ganti Airlangga Hartarto

Ditambahkan, pihaknya menyarankan kepada pihak-pihak yang menginginkan digelar munaslub dan yang mau berkontribusi ke partai, duduk bersama mencari jalan keluar bagaimana Golkar bisa bangkit menang di Pemilu 2024.

"Marilah duduk bersama beri masukan dan kontribusi agar di Pemilu 2024 mendatang Golkar bisa menang," tandasnya.

Sekedar diketahui, keinginan untuk menggelar munaslub dan mengganti Airlangga Hartarto sebagai Ketum Partai Golkar, menggelinding. Sejumlah nama muncul yang dinilai pas menggantikan Airlangga Hartarto, di antaranya adalah Luhut Binsar Pandjaitan (LBP).

Baca Juga: Butuh Nakhoda Baru, Ini Cara Selamatkan Golkar di Pemilu 2024

Bahkan yang terbaru, kader Partai Golongan Karya (Golkar) yang juga menjabat Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, memberikan isyarat siap diusung menjadi Calon Ketua Umum (Caketum) DPP Partai Golkar menggantikan Airlangga Hartarto.

Hal tersebut dia sampaikan saat melakukan pertemuan dengan beberapa pemimpin redaksi media di rumahnya, Jalan Denpasar, Jakarta Selatan, Sabtu (22/7/2023). Dia pun mengaku siap lewat mekanisme partai yang berlaku.

"Semua kader Golkar punya tanggung jawab memberikan kontribusi untuk partai, termasuk saya. Sebagai kader Golkar, ketika melihat partainya dalam kondisi yang membutuhkan uluran tangan kader yang merasa bertanggung jawab, saya yakin semua siap tapi melalui mekanisme yang jelas sesuai aturan main organisasi," ucapnya. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga