DPP KNPI Dukung Pemekaran Provinsi Kepulauan Buton

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 10 Juni 2021
0 dilihat
DPP KNPI Dukung Pemekaran Provinsi Kepulauan Buton
Fungsionaris DPP KNPI Sultra, Amar Maruf. Foto: Ist.

" Dukungan pemekaran Kepulauan Buton untuk menjadi sebuah provinsi terus mengalir. Kali ini, dukungan tersebut datang dari DPP KNPI. "

KENDARI, TELISIK.ID - Dukungan pemekaran Kepulauan Buton untuk menjadi sebuah provinsi terus mengalir. Kali ini, dukungan tersebut datang dari DPP KNPI.

Fungsionaris DPP KNPI, Amar Maruf mengatakan, pemerintah pusat harus segera merealisasikan pemekaran Kepulauan Buton.

Pasalnya, lanjut Amar, lahirnya Provinsi Kepulauan Buton adalah jalan menuju kesejahteraan masyarakat.

"Pemekaran itu adalah jalan menuju kesejahteraan masyarakat, terkhusus daerah kepulauan maritim," ungkapnya, Kamis (10/6/2021).

Baca juga: Lomba Memungut Sampah di Laut, Tumbuhkan Kesadaran Warga Jaga Kebersihan

Baca juga: Pemkot Kendari Tanam Ratusan Pohon di Median Bungkutoko

Mantan Wasekjend PB HMI itu juga menambahkan, jika melirik dari catatan sejarah sebelum Indonesia merdeka pemerintah Kesultanan Buton mempunyai kapabilitas dalam mengatur masyarakat, serta Sumber daya alamnya (SDA).

Selain Itu, Wakil Ketua Senat IAIN Kendari Periode 2015-2016 juga menuturkan, bahwa jika dilihat dari Sumber daya manusia, salah satu Pahlawan Nasional yang ditetapkan 2020 kemarin berasal dari Kesultanan Buton.

"Berbicara soal tokoh bukan kah Indonesia baru saja mengakui pahlawan dari tanah Wolio," tuturnya.

Ma'ruf yang juga mahasiswa pasca sarjana Universitas Paramadina itu, selain provinsi, juga meminta pemekaran dilakukan pada Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dan Konawe.

"Tidak hanya provinsi, pemekaran kabupaten juga harus dipercepat, seperti Kabupaten Konsel dan Konawe yang secara administratif telah memenuhi syarat," pungkasnya. (B)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga