adplus-dvertising

DPP PKS Diharapkan Segera Pastikan Arah Koalisi dan Capres

Musdar, telisik indonesia
Selasa, 27 September 2022
424 dilihat
DPP PKS Diharapkan Segera Pastikan Arah Koalisi dan Capres
Demokrat, NasDem dan PKS terus berkomunikasi intensif untuk menggodok rencana koalisi Pilpres 2024. Foto: Repro Kompas.com

" Diketahui, hingga kini PKS-Partai NasDem dan Demokrat belum juga mendeklarasikan koalisi. Padahal ketiganya sudah lama saling menjajaki "

KENDARI, TELISIK.ID -  DPW PKS Sulawesi Tenggara berharap DPP PKS segera memastikan koalisi dengan NasDem dan Partai Demokrat, serta capres dan cawapres.

Diketahui, hingga kini PKS-Partai NasDem dan Demokrat belum juga mendeklarasikan koalisi. Padahal ketiganya sudah lama saling menjajaki.

"Kita berharap sih khususnya kami dari PKS itu ya mudah-mudahan DPP bisa segera klop soal koalisi dan calon presidennya," ucap Ketua DPW PKS Sulawesi Tenggara, Yaudu Salam Ajo melalui sambungan telepon, Selasa (27/9/2022).


"Tapi kan belum tentu juga semudah itu, karena seluruh partai termasuk partai yang bisa mengusung capres tanpa koalisi seperti PDIP, belum mengambil keputusan bahwa si A atau si B, gitu kan," sambung Yaudu.

Menurut Yaudu, tidak menutup kemungkinan koalisi yang sudah dibentuk seperti KIB (PAN-PPP-Golkar) dan Gerindra-PKB akan mengalami perubahan akibat manuver para petinggi partai.

Baca Juga: Demokrat Kendari Buka Penjaringan Caleg 2024, Semua Kalangan Diterima

Seperti Puan Maharani yang melakukan penjajakan peluang kerja sama dengan sejumlah partai. Termasuk kepada partai yang sudah membentuk koalisi.

"Jadi kita di daerah ya menunggu saja bagaimana keputusan pusat," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Tenggara, Muh Endang SA menyampaikan bahwa tak hanya kader, tetapi seluruh pihak menginginkan agar Demokrat, NasDem dan PKS semakin cepat mencapai kesepakatan, baik program maupun calon, agar rakyat memiliki waktu untuk menimbang dalam menentukan capres-cawapres pilihannya.

Baca Juga: Respon ARS Atas Hengkangnya Kery dari PAN

Endang ingin rakyat memilih capres-cawapres di Pilpres 2024 berdasarkan rekam jejak dan program pasangan calon. Sehingga Pemilu 2024 mengedepankan politik gagasan, politik record, bukan uang dan kuasa semata.

Sementara Wakil Ketua Umum DPP NasDem, Ahmad Ali menyebutkan, kesepakatan untuk koalisi yang dicapai dengan PKS dan Demokrat baru sekitar 80 persen dan sisanya masih sangat menentukan.

"Dengan Demokrat dan PKS itu sudah sangat (dekat), yah katakanlah 80 persen untuk kita selamatkan. Tapi bisa jadi 20 persen itu bisa sangat menentukan atau tidaknya kan," ungkap Ahmad Ali baru-baru ini dikutip dari Merdeka.com. (A)

Penulis: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga