DPR Apresiasi Jokowi Gratiskan Vaksin COVID-19

Marwan Azis, telisik indonesia
Kamis, 17 Desember 2020
0 dilihat
DPR Apresiasi Jokowi Gratiskan Vaksin COVID-19
Ilustrasi vaksin COVID-19. Foto: Repro Klikdokter.com

" Aspirasi agar vaksin digratiskan memang menggema pada saat rapat dengan Menkes dan beberapa kementerian/lembaga terkait minggu lalu. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Plh. Ketua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Partaonan Daulay mengapresiasi kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengharuskan vaksin untuk rakyat.

"Saya mengapresiasi langkah dan kebijakan presiden Jokowi yang menggratiskan vaksin untuk rakyat. Ini adalah tanda keseriusan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19 di Indonesia," kata Saleh Daulay kepada Telisik.id di Jakarta, Kamis (17/12/2020).

Menurutnya, kebijakan tersebut dapat mempermudah pelaksanaan vaksinasi di Indonesia.

"Aspirasi agar vaksin digratiskan memang menggema pada saat rapat dengan Menkes dan beberapa kementerian/lembaga terkait minggu lalu," ungkap Anggota Komisi IX DPR-RI yang membidangi masalah kesehatan ini.

Lebih lanjut, Komisi IX menilai tuntutan masyarakat agar vaksin digratiskan tidak terlalu berat. Karena itu, di dalam salah satu butir kesimpulan rapat waktu itu, hal itu dicantumkan dan disepakati.

Baca juga: Jokowi Terbitkan PP Tentang Lembaga Pengelola Investasi

"Ternyata presiden sangat mendengar dan akomodatif. Dengan begitu, masyarakat tidak punya alasan lagi untuk menolak vaksin. Yang mampu dan tidak mampu diberikan vaksin dan divaksinasi secara gratis," tuturnya.

Ia menyarankan agar program vaksinasi ini dapat berjalan dengan baik, pemerintah didesak untuk memperbaiki data-data masyarakat yang akan menjadi targer sasaran.

Termasuk keseimbangan persebaran dan distribusi vaksin. Paling tidak, target 70 persen dari jumlah populasi harus dapat dipenuhi.

"Soal data ini selalu jadi hal utama yang perlu diperhatikan. Pemerintah harus melibatkan dukcapil, bpjs kesehatan, BKN, TNI, Polri, dan tentu saja BPS. Kalau datanya sudah lengkap dan baik, pelaksanaannya tentu akan baik," pungkasnya. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga