adplus-dvertising

DPR Batalkan Proyek Pengadaan Kalender Cetak Rp 955 Juta

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 31 Agustus 2022
445 dilihat
DPR Batalkan Proyek Pengadaan Kalender Cetak Rp 955 Juta
DPR RI membebankan APBN 2022 dengan anggaran Rp 955 juta untuk mencetak kalender, namun kini dibatalkan. Foto: Repro liputan6.com

" Proyek kalender cetak DPR RI untuk tahun 2023 dengan anggaran sebesar Rp 955 juta tuai sorotan publik "

JAKARTA, TELISIK.ID - Proyek kalender cetak DPR RI untuk tahun 2023 dengan anggaran sebesar Rp 955 juta tuai sorotan publik.

Pasca proyek kalender itu muncul sejumlah kalangan memberikan kritikan terhadap DPR, termasuk di media sosial.

Menanggapi hal tersebut, Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI akhirnya memutuskan membatalkan proyek kalender cetak untuk tahun 2023 yang memakai anggaran hingga Rp 955 juta.


Pembatasan proyek kalender cetak itu dilakukan usai Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR menggelar rapat dengan kesekretariatan DPR.

"Sebagai bagian dari pengawasan, BURT sudah minta Kesekjenan untuk dibatalkan," kata anggota BURT DPR Fraksi NasDem Irma Suryani Chaniago, dikutip dari detik.com, Rabu (31/8/2022).

Baca Juga: Pemerintah Siapkan 3 Jenis Bansos Jika BBM Naik, Ini Daftarnya

Irma mengatakan, pihak Setjen DPR sepakat membatalkan proyek kalender DPR.

"Dan alhamdulillah Kesekjenan juga sudah membatalkan," katanya.

Sementara itu, Sekjen DPR Indra Iskandar membenarkan pihaknya telah membatalkan proyek kalender cetak senilai hampir Rp 1 miliar itu.

Kata Indra, keputusan pembatalan itu diambil sejak dua hari lalu, pada Senin (29/8/2022).

"Iya (dibatalkan). Dua hari yang lalu diputuskan tidak dilanjutkan lelangnya," katanya.

Sebelumnya, dikutip dari IDXChannel, DPR RI membebankan APBN 2022 dengan anggaran Rp 955 juta untuk mencetak kalender. 

Hal tersebut berdasarkan situs lpse.dpr.go.id, di mana nama tender 'Pencetakan Kalender DPR RI' dengan kode RUP 36342916.

Baca Juga: Sandiaga Uno Sebut Harga Tiket Pesawat Kini Turun 15 Persen

Tender kalender ini baru dibuat pada pekan lalu yakni pada 23 Agustus 2022 dan saat ini tengah memasuki dua tahapan yakni Pengumuman Pasca kualifikasi dan Download Dokumen Pemilihan.

Satuan Kerja yang mengadakan adalah Sekretariat Jenderal DPR RI dengan jenis pengadaan Pengadaan Barang. Pengadaan barang ini menggunakan metode tender Pascakualifikasi Satu File - Harga Terendah Sistem Gugur. 

Tahun Anggaran pengadaan kalender ini yakni APBN 2022 dengan Nilai Pagu Paket Rp. 955.737.000 dan Nilai HPS Pake Rp. 901.875.000 serta memiliki jenis kontrak lumsum.

Lokasi pengerjaan Gedung DPR RI, Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav.1, Jakarta - Jakarta Pusat (Kota). Total ada 70 peserta tender dalam proyek kalender DPR ini. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga