DPR Desak Kedubes Malaysia Ungkap Aktor Penghinaan Lagu Indonesia Raya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 28 Desember 2020
0 dilihat
DPR Desak Kedubes Malaysia Ungkap Aktor Penghinaan Lagu Indonesia Raya
Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin. Foto: Repro Kompas.com

" Lagu Kebangsaan Indonesia Raya merupakan salah satu empat simbol negara selain bendera, bahasa dan lambang negara. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Lagu Indonesia Raya kini ramai diperbincangkan. Bagaimana tidak, lagu yang juga menjadi simbol negara itu telah dilecehkan melalui media sosial.

Penghinaan tersebut pun langsung direspon berbagai pihak, termasuk pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Dilansir Suara.id, Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin mendesak kedutaan besar atau Kedubes Malaysia untuk Indonesia segera mengambil langkah konkrit terkait kasus pelecehan lagu Indonesia Raya di akun Youtube My Asean. 

"Kedubes Malaysia juga harus mengungkap aktor di balik parodi lagu Indonesia Raya yang membuat masyarakat Indonesia geram dan dapat menimbulkan efek buruk bagi hubungan bilateral kedua negara," kata Azis dalam keterangannya di Jakarta, Senin (28/12/2020).

Dia meminta pemerintah Malaysia harus dapat menangkap pelaku pelecehan lagu Indonesia Raya tersebut dan mengumumkan secara resmi.

Azis menegaskan bahwa tindakan mengubah lagu Indonesia Raya tersebut merupakan sebuah penghinaan terhadap simbol negara bangsa Indonesia.

"Lagu Kebangsaan Indonesia Raya merupakan salah satu empat simbol negara selain bendera, bahasa dan lambang negara," ujarnya.

Baca juga: Usai Tulis Laporan Bansos, Akun Wartawan Tempo Diretas

Lebih lanjut, dia juga meminta Kementerian Luar Negeri dan institusi negara seperti Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Badan Intelijen Negara (BIN) dapat melakukan komunikasi, koordinasi serta mengambil langkah tegas dan terukur terhadap permasalahan tersebut.

Politisi Partai Golkar itu juga meminta Kemenlu RI harus tegas menyampaikan nota diplomatik, dengan mengirimkan surat protes kepada Pemerintah Malaysia.

"Dan pihak BSSN serta BIN dapat segera bekerja melakukan investigasi dan menggali informasi terhadap motif tersebut. Antar-negara tetangga perlu saling menghormati," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, lagu Indonesia Raya dilecehkan. Bahkan dalam lagu itu, Presiden Joko Widodo dan Soekarno dihina.

Video penghinaan Indonesia Raya itu diunggah dalam akun Youtube. Salah satu warganet yang mengunggah video penghinaan terhadap lagu Indonesia Raya ialah saluran YouTube Sultan Alvator dengan judul ‘Indonesia Raya with Instrumental & Lyrics Reupload dari channel Asean channel MY’.

Dia juga menuliskan sebuah caption “Indonesia Raya with Instrumental & Lyrics.mp4 Reupload dari channel Asean channel MY”.

Selain itu, akun jejaring media sosial Twitter @Aryprasetyo85 juga mengunggah video yang sama. Melalui kicauannya, dia menjelaskan bahwa video tersebut merupakan unggahan ulang dari saluran YouTube Asean Channel My yang diduga sekaligus si pembuat video. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga