DPRD Akan Usul Tiga Nama Calon Pj Wali Kota Kendari, Surat Kemendagri Sudah Diterima

Musdar, telisik indonesia
Jumat, 02 September 2022
0 dilihat
DPRD Akan Usul Tiga Nama Calon Pj Wali Kota Kendari, Surat Kemendagri Sudah Diterima
DPRD Kota Kendari akan mengusulkan tiga nama calon Pj Wali Kota Kendari ke Kemendagri. Foto: Musdar/Telisik

" DPRD Kota Kendari telah menerima surat Kementerian Dalam Negeri (kemendagri) tentang permintaan pengusulan tiga nama calon Pj Wali Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - DPRD Kota Kendari telah menerima surat Kementerian Dalam Negeri (kemendagri) tentang permintaan pengusulan tiga nama calon Pj Wali Kota Kendari. Surat tersebut akan segera ditindaklanjuti oleh pimpinan DPRD dan seluruh fraksi.

Diketahui, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir akan selesai menjabat pada 9 Oktober 2022. Selanjutnya, kursi kepala daerah yang kosong itu akan diisi oleh Pj wali kota hingga 2024 atau terpilihnya wali kota definitif.

Penunjukan Pj wali kota oleh pemerintah pusat akan diawali dengan pengusulan masing-masing tiga nama oleh kemendagri, Pemprov Sultra dan DPRD Kota Kendari.

Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan mengungkapkan, untuk menindaklanjuti surat kemendagri, DPRD akan menggelar pertemuan.

“InsyaAllah minggu depan akan kita proses dengan duduk bersama pimpinan dan fraksi untuk merumuskan ataupun juga menjadwalkan langkah apa yang akan kita lakukan dengan adanya surat ini," ucap Subhan, Jumat (2/9/2022).

Baca Juga: Target 3 Medali di Kejurnas Kempo, Wali Kota Siapkan Bonus Buat Atlet

Untuk diketahui, sebelumnya DPRD tidak diberi tanggung jawab untuk mengusulkan nama calon Pj kepala daerah. Pada pengusulan calon Pj Bupati Muna Barat, Buton Selatan dan Buton Tengah, April 2022 hanya dilakukan oleh pemprov dan kemendagri.

Hanya karena adanya usulan masyarakat agar penunjukan Pj lebih demokratis dan transparan, maka DPRD juga diminta untuk mengusulkan tiga nama calon Pj.

Sehingga pengusulan Pj Bupati Bombana, Kolaka Utara dan Buton pada Juli 2022, DPRD kabupaten ikut mengusulkan.

Baca Juga: Wujudkan Kendari Kota Digital, Pemkot Terus Dorong Penggunaan QRIS

Terkait pengusulan oleh DPRD Kota Kendari, ada dua nama yang disebut-sebut berpeluang dan memenuhi syarat untuk diusulkan menjadi Pj. Mereka adalah Sekda Kota Kendari Ridwansyah Taridala dan mantan Sekda Kota Kendari, Nahwa Umar.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir berharap Pj wali kota nantinya dapat mengoptimalkan apa yang pemerintah kota saat ini sudah wujudkan.

‘’Tentu ini bukan harapan saya saja tapi seluruh masyarakat Kota Kendari bahwa yang sudah ada bisa dioptimalkan dan tentu upaya kita bersama untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat,” ucap Sulkarnain. (B)

Penulis: Musdar

Editor: Haerani Hambali 

TAG:
Baca Juga