DPRD Bersama Pemkab Konawe Ikut Paripurna Pidato Kenegaraan

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 16 Agustus 2023
0 dilihat
DPRD Bersama Pemkab Konawe Ikut Paripurna Pidato Kenegaraan
Pelaksanaan rapat paripurna istimewa dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI. Foto: Ist.

" DPRD Kabupaten Konawe, menggelar rapat paripurna bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe dalam rangka HUT ke-78 RI, dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI tahun 2023, di Ruang Sidang Paripurna DPRD kabupaten Konawe "

KONAWE, TELISIK.ID - DPRD Kabupaten Konawe, menggelar rapat paripurna bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe dalam rangka HUT ke-78 RI, dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI tahun 2023, di Ruang Sidang Paripurna DPRD kabupaten Konawe, Rabu (16/8/2023).

Rapat Paripurna HUT ke-77 RI yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Konawe, Ardin dihadiri Sekda Ferdinand Sapan, para wakil dan anggota DPRD Konawe, anggota Forkopimda, Ketua KPU, dan para legiun veteran pejuang kemerdekaan.

Ketua DPRD Konawe, Ardin mengatakan, memperingati HUT RI telah menjadi tradisi yang baik bagi bangsa Indonesia, untuk senantiasa diperingati setiap tahunnya sebagai manifestasi bagi sebuah bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawannya.

Ia menjelaskan kemerdekaan memiliki arti yang begitu luas, bukan saja dilihat dalam sisi historis yang merupakan perjuangan dalam merebut kemerdekaan, akan tetapi bagaimana konsekuensi dari sebuah kemerdekaan terbentuk untuk menentukan keberhasilan perjalanan bagi bangsa Indonesia di masa-masa yang akan datang.

Baca Juga: Pemkab Konawe Terus Kembangkan Perekayasaan Bidang Teknologi dan Inovasi

"Tugas kita hari ini sebagai generasi penerus cita-cita proklamasi, generasi penerus pemimpin, penerus cita-cita proklamasi," ungkapnya.

Ia juga mengatakan agar pemerintah daerah terus bekerja keras, berinovasi, berprestasi, dan menciptakan kreativitas untuk mengisi kemerdekaan ini dengan karya-karya yang positif yaitu melakukan pembangunan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.

Ardin menyampaikan, makna kemerdekaan saat ini bukan hanya sebagai kata, kemerdekaan adalah kesempatan. Kesempatan untuk bermimpi hingga menjadi nyata dan untuk berkarya tanpa batas.

Ardin juga mengatakan, demikian halnya kondisi penyelenggaraan pemerintahan di daerah masih belum memenuhi prinsip-prinsip akuntabilitas yang baik, di mana opini BPK terhadap laporan keterangan pertanggung jawaban keuangan daerah masih berstatus wajar dengan pengecualian.

"Kala itu kita benar-benar menghadapi tantangan yang sangat serius dalam penyelenggaran pemerintahan di Konawe," Kata Ardin.

Namun lanjut Ardin, dengan tekad dan komitmen bersama berhasil membawa Konawe pada pencapaian terbaiknya selama daerah ini berdiri.

"Kesejahteraan masyarakat Konawe harus dibangun melalui keunggulan yang dimiliki oleh daerah ini," katanya.

Ia menyebut, beberapa program yang dirancang, di antaranya mulai mendorong kemudahan investasi bagi pembangunan kawasan industri di Konawe.

Baca Juga: Pemkab Konawe Kepulauan Bersihkan Lahan Aset Pemda

"Dari sektor pendidikan kita mulai memberikan beasiswa bagi masyarakat dan pembangunan infrastruktur pendidikan pada jenjang Paud, SD dan SMP," kata Ardin.

Sementara itu Sekda Konawe Ferdinand Sapan menyampaikan, pembangunan yang telah dilaksanakan selama kurun satu Dasawarsa ini kepada pimpinan dan anggota DPRD, serta seluruh stakholder pemerintah dan masyarakat Konawe.  

Ferdinand mengungkap, berbagai prestasi yang telah peroleh menjadikan Kabupaten Konawe sebagai barometer pembangunan di Sulawesi Tenggara di kancah nasional.

"Kita patut bersyukur, catatan yang kita torehkan hingga saat ini menempatkan Kabupaten Konawe menjadi daerah yang telah mengukir sejarah dan pencapaian yang gemilang," pungkasnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga