DPRD Bocorkan 4 Nama Calon Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Ada Mantan Kapolda hingga Rektor

Kardin, telisik indonesia
Jumat, 28 Juli 2023
0 dilihat
DPRD Bocorkan 4 Nama Calon Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Ada Mantan Kapolda hingga Rektor
Sebanyak 4 nama calon Pj gubernur mencuat di DPRD Sulawesi Tenggara. Rapat paripurna akan memilih 3 nama. Foto: Kardin/Telisik

" Sebanyak 4 nama calon Penjabat (Pj) gubernur mencuat di DPRD Sulawesi Tenggara. Empat nama itu muncul melalui rapat fraksi dewan "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 4 nama calon Penjabat (Pj) gubernur mencuat di DPRD Sulawesi Tenggara. Empat nama itu muncul melalui rapat fraksi dewan.

Ke empat nama tersebut, yakni dua mantan Kapolda Sulawesi Tenggara, Komjen Andap Budhi Revianto dan Irjen Yan Sultra Indrayan, selanjutnya Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Muh Zamrun Firihu dan Sekda Sulawesi Tenggara, Asrun Lio.

Sekretaris DPRD (Sekwan) Sulawesi Tenggara, Ld Mustari menerangkan, meski ada 4 nama masuk calon bursa sebagai Pj gubernur, namun dalam sidang paripurna akan dikerucutkan menjadi 3 nama.

Baca Juga: PDIP Target Menang di Atas 50 Persen untuk Ganjar Pranowo di Sulawesi Tenggara

"Paripurna akan pilih 3 nama saja. Paripurnanya nanti Minggu depan," beber Mustari saat ditemui di Kantor DPRD Sulawesi Tenggara, Jumat (28/7/2023).

Setelah mengerucut, tiga nama nantinya akan dikirim ke Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) untuk dipilih kembali sebagai Pj Gubernur Sulawesi Tenggara.

"Kan Mendagri akan mengusul juga tiga nama, jadi semua ada 6 nama," ucapnya.

Sementara, Ketua Komisi III DPRD Sulawesi Tenggara, Suwandi Andi mengaku, terbuka pada siapa pun yang menjadi Pj gubernur selanjutnya. Meski demikian, ia menekankan, Pj gubernur ke depan harus menjadi pemimpin bagi semua orang di Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Dorongan Munaslub Ganti Airlangga, Sarmuji: Tak Ada Pintu untuk Munaslub

"Jangan ada titipan dari siapa, oleh siapa dan untuk siapa," tegasnya.

Suwandi juga mengamini sejumlah nama yang sudah muncul sebagai calon Pj Gubernur Sulawesi Tenggara.

"Yang pasti kita welcome siapa saja yang jadi Pj gubernur," ungkapnya.

Untuk diketahui, pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi-Lukman Abunawas akan berakhir masa jabatannya pada 5 September 2023 mendatang. (B)

Penulis: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga