DPRD Ingin Kerjasama dengan PT Kurnia Soal Pasar Basah Dihentikan

Kardin, telisik indonesia
Senin, 30 November 2020
0 dilihat
DPRD Ingin Kerjasama dengan PT Kurnia Soal Pasar Basah Dihentikan
Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan. Foto: Kardin/Telisik

" Itu sudah saya tegaskan ke Pemkot dan itu harus ada pengkajian ulang kerjasama dengan PT Kurnia. "

KENDARI, TELISIK.ID - DPRD Kota Kendari akhirnya keluarkan rekomendasi pemutusan kerjasama antara Pemkot dan PT Kurnia terkait pengelolaan Pasar Basah Mandonga.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan. Menurutnya, jika Komisi II telah menyerahkan rekomendasi pemutusan kerjasama itu sebelum habis masa kontraknya pada 2022 mendatang.

"Kita sudah terima rekomendasi itu, tinggal kita serahkan ke pemerintah kota untuk ditindak lanjuti," jelas Subhan, Senin (30/11/2020).

Subhan juga mengaku telah memberitahukan kepada Pemkot Kendari jika kerjasama pengelolaan Pasar Basah Mandonga dengan PT Kurnia sudah membebani pedagang.

"Itu sudah saya tegaskan ke Pemkot dan itu harus ada pengkajian ulang kerjasama dengan PT Kurnia," bebernya.

Baca juga: Bantu Wakaf Bebaskan Lahan Rumah Quran Desa Tapulaga

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari, Andi Sulolipu menegaskan, ada MoU yang dilanggar oleh PT Kurnia terhadap pengelolaan pasar tersebut.

Selain itu, Dewan juga menilai tidak ada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) yang diberikan oleh PT Kurnia ke Pemkot Kendari.

"Makanya harus dipustukan cepat karena ini sudah tidak layak untuk bekerjasama lagi. Terlebih sudah merusak hati para pedagang dan juga tidak memperhatikan infrastruktur yang ada," ungkapnya.

Apalagi, kata Andi Sulolipu, PT Kurnia diduga tidak memiliki struktur organisasi yang jelas, olehnya itu pihaknya juga menyarankan untuk mengaudit PT Kurnia.

"Audit dulu secara AD/ART, apakah perusahaan ini benar-benar ada, karena setiap perwakilan yang datang saat hering itu selalu bilang, besok dia akan diganti. Jadi kita tidak tahu, siapa bagian pemasarannya dan lain sebagainya. Tidak ada struktur tetap," urainya. (B)

Reporter: Kardin

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga