DPRD Muna Barat Imbau Bawaslu Perketat Pengawasan Pemilu

Putri Wulandari, telisik indonesia
Senin, 20 November 2023
0 dilihat
DPRD Muna Barat Imbau Bawaslu Perketat Pengawasan Pemilu
Terkait isu Pj Bupati Muna Barat diduga mengkampanyekan salah satu peserta pemilu, DPRD imbau Bawaslu terus memperketat pengawasan pemilu terhadap ASN. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Isu terkait Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat diduga mengkampanyekan salah satu peserta pemilu, membuat Fraksi Demokrat DPRD meminta Bawaslu perketat pengawasan pemilu "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Isu terkait Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat diduga mengkampanyekan salah satu peserta pemilu, membuat Fraksi Demokrat DPRD meminta Bawaslu perketat pengawasan pemilu.

Beredarnya video terkait Pj Bupati Muna Barat, Bahri diduga memperkenalkan La Ode Umar Bonte sebagai salah satu calon anggota DPD RI serta sebagai ketua relawan Pro Ganjar terus menjadi polemik. Hal itu, menimbulkan reaksi DPRD Muna Barat.

Wakil Ketua DPRD Muna Barat, Agung Dharma mengatakan, Fraksi Demokrat menyikapi informasi yang berkembang serta pemberitaan di media sosial yang saat ini telah viral menyangkut adanya indikasi Pj Bupati Muna Barat terhadap salah satu peserta pemilu.

Baca Juga: Bawaslu Muna Barat Minta Keterangan Pj Bupati Soal Video Pro Ganjar

Pihaknya mengecam tindakan tersebut dan meminta penyelenggara pemilu untuk lebih ketat dalam pengawasan, khususnya Bawaslu Muna Barat. Terlebih Pj Bupati Muna Barat, Bahri saat ini masih berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kemudian, sebagaimana diketahui Presiden, Joko Widodo juga telah menginstruksikan langsung kepada penjabat daerah agar bersikap netral pada Pemilu 2024, dengan tidak adanya intervensi apapun ke semua pihak.

"Bawaslu harus mengambil sikap tegas dan perketat pengawasan terhadap seluruh pimpinan yang ada di lingkup Pemda Muna Barat serta ASN, agar tidak ikut mengkampanyekan salah satu calon baik pemilu maupun pilkada," ungkapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, video yang beredar di media sosial berlatar di pelabuhan Feri Tondasi Muna Barat itu sama sekali tidak mengkampanyekan salah satu peserta pemilu.

Namun, ia memperkenalkan La Ode Umar Bonte sebagai Ketua Umum Pro Ganjar yang hadir di tengah-tengah masyarakat dalam rangkaian kegiatan HUT Muna Barat pada akhir Juli 2023 lalu.

"Pro Ganjar itu sendiri merupakan Gerakan Nasional Jaringan Nusantara (Ganjar) dan saya tidak mengkampanyekan atau menyebut Ganjar Pranowo," ungkapnya.

Selanjutnya, pada saat itu dirinya menyebut belum memasuki tahapan kampanye dan penetap capres, sehingga Pro Ganjar yang ia sebut dalam video tidak ada hubungannya dengan Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Siswa SMAN 1 Tikep Muna Barat Gelar Aksi Peduli Palestina

Selain itu, Bawaslu Muna Barat telah melakukan penelusuran yakni dengan mengambil keterangan pihak-pihak yang berada di sekitar lokasi serta keterangan Pj Bupati Muna Barat, Bahri. Tim yang dibentuk Bawaslu mencecar Bahri seputar video yang telah viral itu.

"Pj bupati sudah kita mintai keterangan tadi (Senin) di kantornya," ungkap Ketua Bawaslu Muna Barat, Awaluddin, Senin (20/11/2023).

Namun, ia belum menyampaikan secara detil terkait keterangan yang diberikan Pj Bupati Muna Barat, sebab akan dikaji terlebih dahulu dan pihaknya juga akan memintai keterangan dari Ketua Pro Ganjar, La Ode Umar Bonte dan nanti hasilnya akan disampaikan oleh pihaknya. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga