DPRD Muna Barat Usulkan 3 Nama Calon Pj Bupati

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 05 April 2023
0 dilihat
DPRD Muna Barat Usulkan 3 Nama Calon Pj Bupati
Sidang paripurna DPRD Muna Barat terkait pengusulan tiga nama calon Pj bupati. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Dalam rapat paripurna yang digelar di ruang rapat DPRD, telah ditetapkan tiga nama calon Pj Bupati Muna Barat yang akan diajukan ke Mendagri "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Masa jabatan Pj Bupati Muna Barat akan segera berakhir, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mengusulkan tiga nama calon penjabat bupati.

Berdasarkan surat Kemendagri Nomor 100.2.1.3/1773/SJ yang ditujukan kepada 41 DPRD kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang saat ini dipimpin oleh Pj kepala daerah disebutkan, Pj bupati/wali kota sebagaimana terlampir, akan berakhir masa jabatannya pada Mei 2023, sehingga perlu mengisi kekosongan jabatan bupati/wali kota sesuai ketentuan perundang-undangan.

Dalam surat itu juga menyebutkan, DPRD kabupaten/kota dapat mengusulkan tiga nama colon Pj bupati/wali kota untuk menjadi bahan pertimbangan Mendagri dalam menetapkan Pj bupati/wali kota.

Untuk itu, dalam rapat paripurna yang digelar di ruang rapat DPRD, telah ditetapkan tiga nama calon Pj Bupati Muna Barat yang kemudian akan diajukan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Baca Juga: DPRD Godok Usulan Nama Calon Pj Bupati Muna Barat

Wakil Ketua II DPRD Muna Barat, Agung Darma mengatakan, sebagaimana terlampir dalam surat Kemendagri bahwa masa jabatan Pj Bupati Muna Barat Bahri akan berakhir pada Mei 2023. Pasalnya, SK Pj hanya berlaku selama satu tahun.

"Tiga nama yang telah diputuskan, akan dibawa ke Kemendagri pada Senin depan," ungkap Agung Darma, Rabu (5/4/2023).

Baca Juga: Empat Putra Daerah Ikut Fit and Proper Test Calon Pj Bupati Kolaka Utara

Ketiga nama yang telah disepakati bersama seluruh anggota legislatif melalui usulan masing-masing pimpinan fraksi DPRD yakni Pj Bupati Muna Barat Bahri, Kasat Pol PP Provinsi Sulawesi Tenggara, La Ode Daerah Hidayat, serta Kepala Dinas Nakertrans Provinsi Sulawesi Tenggara, LM. Muhammad Ali Haswandy.

Selanjutnya dalam surat Kemendagri menyebutkan bahwa usulan nama calon Pj bupati/wali kota sebagaimana dimaksud, disampaikan paling lambat pada 6 April 2023 kepada Mendagri. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga