adplus-dvertising

DPRD Muna Siap Kawal SKB CASN

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 04 Juni 2020
965 dilihat
DPRD Muna Siap Kawal SKB CASN
Ketua DPRD Muna, La Saemuna bersama Ketua Fraksi Demokrat, Awal Jaya Bolombo. Foto: Sunaryo/Telisk

" Kita akan awasi bersama. "

MUNA, TELISIK.ID - DPRD Muna mengapresiasi sikap Bupati Muna, LM Rusman Emba yang meniadakan psikotes dalam tambahan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN).

Menurut Ketua DPRD Muna, La Saemuna, langkah bupati yang menolak pelaksanaan psikotes sudah tepat. Karena, hal itu tidak diwajibkan.

"Kita sangat apresiasi pak bupati yang sudah menyahuti keinginan masyarakat," kata Saemuna.


Menyoal sikap sebagian kalangan dewan yang menolak pelaksanaan psikotes, itu dilakukan untuk menghindari kecurangan sehingga bisa merugikan para peserta seleksi. Makanya, dewan akan mengawasi ketat pelaksanaan SKB nantinya, sehingga bisa melahirkan ASN yang berkualitas.

"Kita akan awasi bersama," ujarnya.  

Baca juga: Hendak Berwisata, 13 Warga Kolakaasi Dievakuasi Basarnas Gabungan

Ketua DPC Hanura itu tidak mempersoalkan, bila nantinya Pemkab tetap melaksanakan psikotes pasca penentuan kelulusan. Menurutnya, itu sah-sah saja dalam rangka pemetaan birokrasi.

"Silahkan, yang penting tidak merugikan peserta yang lulus," ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Muna, LM Rusman Emba mengajak kalangan DPRD untuk bersama-sama mengawal pelaksanaan SKB. Soal transparansi, Rusman tak meragukan lagi. Karena, sudah terbukti pada seleksi di tahun-tahun sebelumnya tanpa ada permainan.

Jumlah peserta seleksi CANS Muna yang akan melaju ke tahap SKB sebanyak 489 orang. 3.629 orang gugur  lebih dulu dalam tahap SKD. Peserta tersebut akan mengisi 236 kuota yang terdiri dari 181 formasi guru, 54 kesehatan dan satu tenaga teknis perpustakaan.

Reporter: Sunaryo

Editor: Sumarlin

Baca Juga