DPRD Siap Kawal Pembangunan di Buton Tengah

Sumarlin, telisik indonesia
Selasa, 29 September 2020
0 dilihat
DPRD Siap Kawal Pembangunan di Buton Tengah
DPRD menyerahkan dokumen APBD Perubahan tahun 2020 pada Pemkab Buteng. Foto: Ist.

" Sangat mendukung semua pembangunan yang ada di Buton Tengah sekarang, kemudian saya melihat pak bupati membangun dengan pemerataan di Buton Tengah dari Sangia Wambulu sampai Talaga. "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) siap mengawal pembangunan yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Buteng.

Anggota DPRD Kabupaten Buton Tengah, Azaludin mengaku siap mengawal agenda pembangunan infrastruktur di Kabupaten Buteng.

Olehnya itu, pihaknya mendukung penuh upaya Bupati Buteng, Samahuddin untuk menuntaskan pembangunan infrastruktur, di antaranya pembangunan jalan yang menjadi sendi ekonomi masyarakat.

 

Anggota DPRD Buteng Azaludin (baju merah) bersama Bupati Buteng Samahuddin (kiri) saat memantau pengaspalan jalan. Foto: Ist.

 

Menurutnya, akses transportasi memang harus direalisasikan agar bisa menjangkau pusat perekonomian warga, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan warga dan tentunya mengembangkan pertumbuhan baru.

"Sangat mendukung semua pembangunan yang ada di Buton Tengah sekarang, kemudian saya melihat pak bupati membangun dengan pemerataan di Buton Tengah dari Sangia Wambulu sampai Talaga," katanya.

 

DPRD saat mendampingi Bupati Buteng menemui masyarakat. Foto: Ist.

 

Menurut dia, salah satu fokus pembangunan jalan yang harus didukung ialah di kawasan Mawasangka Timur, sebab sejumlah potensi terdapat di wilayah itu salah satunya objek wisata.

Hal ini sesuai dengan rencana Pemerintah mengembangkan wisata Tanjung Buaya dan wisata Pasir Labunta. Destinasi ini berpotensi untuk dijadikan ikon.

Dia menambahkan, DPRD Buteng juga telah menyetujui anggaran sebesar Rp 1 miliar untuk membangun wisata Tanjung Buaya di Desa Lamena Kecamatan Mawasangka Timur.

"Kita mendukung upaya bupati yang terus membangun sektor pariwisata secara masif, pak bupati luar biasa bisa melihat potensi wisata yang potensial untuk dikembangkan," ungkapnya.

Pemda Buteng menyebut anggaran sebesar Rp 1 miliar itu digunakan pembenahan bebatuan yang mirip Buaya itu, meliputi pembangunan gazebo dan pedestrian.

 

Bupati Buteng, Samahuddin (kemeja putih) meninjau Tanjung Buaya. Foto: Ist.

 

Bupati berharap fasilitas yang sudah dibangun ini bisa dijaga dan dimanfaatkan warga dengan baik, sehingga bisa mendorong tumbuhnya ekonomi warga sekitar.

Politisi PDIP ini juga mendukung upaya Pemkab Buteng membangun kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk meningkatkan pelayanan pada warga serta memberikan kenyamanan pada ASN dalam bekerja memberikan pelayanan terbaik pada warga.

Anggota Komisi III ini menjelaskan, dalam menjalankan tugasnya, DPRD mempunyai tiga fungsi. Pertama, fungsi legislasi yakni membuat regulasi untuk kepentingan masyarakat. Kemudian, fungsi budgeting yang menggodok alokasi APBD untuk pembangunan daerah, dan fungsi pengawasan sebagai mitra kerja Pemkab Buteng.

Melalui fungsi legislasi, pihaknya sudah membuat 7 peraturan daerah (Perda) untuk mendukung Pemerintah dalam meningkatkan pendapatan daerah, guna meningkatkan ekonomi warga.

Kemudian, melalui fungsi budgeting pihaknya sudah mendorong anggaran untuk diprioritaskan pada pendidikan, peningkatan layanan kesehatan dan infrastruktur.

Pihaknya juga tetap melakukan fungsi pengawasan sebagai mitra kerja Pemkab Buteng. Fungsi pengawasan ini akan dilakukan dengan cara melakukan pengawasan pada setiap tahapan pembangunan infrastruktur. Terutama, memastikan kualitas pembangunan jalan sehingga sesuai dengan perencanaan.

Niat Bupati Buteng untuk memajukan daerah harus didukung, dengan menuntaskan pembangunan infrastruktur harus disambut baik oleh semua pihak. 

Termasuk sektor kesehatan yang menjadi fokus Pemerintah Daerah. Melalui sektor ini, Pemkab memastikan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal.

Di tahun 2020 Pemkab Buteng membangun sejumlah fasilitas Puskesmas dan ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Buton Tengah.

Anggota DPRD Dapil Dua (Gu-Sangia Wambulu) ini mengaku, sektor kesehatan merupakan visi Pemda untuk meningkatkan derajat kesehatan warga.

"Tahun ini saya melihat Pemda membangun sejumlah puskesmas, salah satunya akan dibangun di Kecamatan Sangiang Wambulu," imbuhnya.

Pembangunan Ruang Isolasi COVID-19 yang dilakukan Pemkab Buteng menggunakan APBD tahun 2020 sekira Rp 7 miliar. (Adv)

Reporter: Sumarlin

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga