DPRD Sulawesi Tenggara Mitra Strategis Pemerintah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 06 Mei 2023
0 dilihat
DPRD Sulawesi Tenggara Mitra Strategis Pemerintah
Rapat Paripurna DPRD Sulawesi Tenggara memperingati HUT ke-59 Sulawesi Tenggara di Aula Bahteramas pada Kamis (27/4/2023). Foto: Ist.

" DPRD Sulawesi Tenggara akan terus memberikan support dan dukungannya sepanjang memiliki asas manfaat bagi daerah dan bersifat konstitusional "

KENDARI, TELISIK.ID – Kesuksesan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara di usia ke-59 tahun dalam membangun Bumi Anoa tidak terlepas dari dukungan banyak pihak, termasuk dari Dewan Pimpinan Daerah Rakyat (DPRD).

Di setiap pemerintahan, khususnya di masa pemerintahan Gubernur dan Wakil Gubernur Ali Mazi - Lukman Abunawas (AMAN), Sulawesi Tenggara berkembang cukup baik dari sisi pembangunan infrastruktur maupun tatanan pemerintahan itu sendiri.

Sebagai mitra strategis, DPRD Sulawesi Tenggara akan terus memberikan support dan dukungannya sepanjang memiliki asas manfaat bagi daerah dan bersifat konstitusional.

Baca Juga: Mahasiswa dan DPRD Sulawesi Tenggara Komit Tolak UU Cipta Kerja

Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Sulawesi Tenggara, Abdurrahman Saleh dalam Rapat Paripurna DPRD memperingati HUT Sulawesi Tenggara ke-59 di Aula Bahteramas pada Kamis (27/4/2023).

Foto bersama usai Rapat Paripurna DPRD Sulawesi Tenggara memperingati HUT ke-59 Sulawesi Tenggara di Aula Bahteramas pada Kamis (27/4/2023). Foto: Ist.

 

Dukungan DPRD, kata Abdurrahman Saleh, tidak perlu diragukan lagi. Legislatif memahami betul mana wilayah yang menjadi tugas dalam mengawal dan memperjuangkan aspirasi publik dan mana yang merepresentasikan dirinya sebagai bagian dari penyelenggaraan pemerintahan daerah.

"InsyaAllah, dua kutub keberadaan DPRD di atas telah diarungi oleh DPRD sebagaimana lima tahun terakhir ini secara proporsional," katanya.

Lebih lanjut Abdurrahman Saleh mengungkapkan, sejauh ini kolaborasi eksekutif dan legislatif mampu mendorong akselerasi perekonomian daerah tahun ini. Berdasarkan informasi dari Bank Indonesia, perekonomian daerah diproyeksikan akan tumbuh membaik.

Hal ini cukup relevan dimana posisi akhir perekonomian daerah kita pada triwulan IV tahun 2022 yang lalu tumbuh positif di angka 5,57 persen.

"Pertumbuhan positif tersebut dipicu oleh peningkatan aktivitas ekonomi pasca pandemi yang semakin menggairahkan bangkitnya berbagai sektor perekoniman daerah," lanjut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Abdurrahman Saleh menambahkan, perekonomian daerah pada tahun 2023 ini akan melampui tahun sebelumnya, berbarengan dengan membaiknya ekspektasi kegiatan usaha, baik dari sisi konsumsi maupun pelaku usaha.

Baca Juga: Gerindra Target 7 Kursi DPRD Sulawesi Tenggara

"Membaiknya gambaran ekonomi kita pada tahun ini tentu tidak dapat dipisahkan dengan peran pemerintah daerah sebagai entitas inti dalam pembangunan melalui berbagai pendekatan, program dan kegiatan termasuk peran DPRD yang senantiasa mendukung dan mengawasi jalannya pemerintahan,” kata Abdurrahman Saleh.

HUT Provinsi Sulawesi Tenggara ke-59 mengangkat tema "Aman Sukses Membangun Sultra". Penyelenggaraan HUT Sulawesi Tenggara tahun ini terbilang istimewa. Hal ini karena HUT terakhir bagi pemerintahan Ali Mazi-Lukman Abunawas dan dilaksanakan masih dalam suasana lebaran Idul Fitri 2023. (C-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga