DPRD Sulawesi Tenggara Tanggapi Lonjakan Harga Beras

Erni Yanti, telisik indonesia
Minggu, 17 September 2023
0 dilihat
DPRD Sulawesi Tenggara Tanggapi Lonjakan Harga Beras
Ketua Komisi II DPRD Sulawesi Tenggara tanggapi kenaikan harga beras di Sulawesi Tenggara. Foto:Ist.

" DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara angkat bicara terkait lonjakan harga beras di beberapa daerah Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara angkat bicara terkait lonjakan harga beras di beberapa daerah Sulawesi Tenggara. Ketua Komisi II, Farhana Mallawangan mengungkapkan, kenaikan harga beras di pasaran tidak perlu dikhawatirkan, karena stok beras di Bulog Sulawesi Tenggara masih cukup.

Ia juga mengatakan bahwa kenaikan harga beras sudah menjadi hal biasa di saat panen padi belum ramai. Sesuai Informasi dari Dinas Pertanian, di bulan September ini sudah mulai panen. Dan agar stok beras di pasaran kembali stabil, Bulog harus segera menyerap beras petani.

"Untuk stok beras saat ini tersedia 9.000 ton, dan akan disalurkan paling cepat di bulan September, paling lambat Oktober, untuk menekan inflasi dari sektor beras," bebernya, melalui pesan WhatsApp, Minggu (17/9/2023).

Baca Juga: Implementasi Nilai Humanis, Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Sidak Lapas Kendari

Sebagai informasi, beberapa minggu terakhir masyarakat dikagetkan dengan melonjaknya harga beras di beberapa daerah Sulawesi Tenggara.

DPRD Sulawesi Tenggara minta pemerintah untuk terus gencar menekan inflasi dari sektor beras. Foto: Erni Yanti/ Telisik

 

Hal ini direspons cepat Bulog Sulawesi Tenggara, dengan mengadakan bantuan pangan beras sebanyak ratusan ribu paket siap disalurkan di 17 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara. Bantuan tersebut merupakan upaya dari pemerintah menekan kenaikan harga beras saat ini.

Baca Juga: Harga Ikan di Kota Kendari Belum Stabil, Ini Sebabnya

Sebelum disalurkan, karung-karung beras tersebut diinspeksi terlebih dahulu kualitas dan beratnya oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Tenggara, Ari Sismanto, Kepala Perum Bulog Sulawesi Tenggara, Siti Mardati, dan tim terkait lainnya di gudang Bulog Punggaloba, Kamis (14/9/2023).

Penyaluran di titik pertama kemudian dilakukan langsung oleh Ari Sismanto dan Siti Mardati di Kelurahan Sodohoa, Kendari. Beberapa warga memadati Kantor Lurah Sodohoa. Penerima bantuan sebelumnya sudah didata oleh petugas. (B-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga